Nasional

Sinkronisasi Kabinet, AKD DPR RI Akan Ditetapkan Sebelum Pelantikan Presiden Terpilih

Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Media DPR RI)

Editorialkaltim.com – Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengumumkan penyesuaian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan dilakukan sebelum pelantikan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Penyesuaian ini bertujuan untuk memastikan kesinambungan kerja antara DPR dan pemerintahan yang baru.

“Segera setelah kami menerima detail rencana kabinet dari presiden terpilih, kami akan memulai pembahasan sesuai dengan mekanisme yang ada. Insyaallah, penyesuaian AKD akan kami rampungkan sebelum pengumuman kabinet yang akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang,” kata Puan dalam siaran pers pada Kamis (3/10/2024)

Baca  Dyah Roro: Target Lifting Migas 1 Juta Barel Per Hari Dinilai Tak Realistis

Puan, yang merupakan anggota dari Fraksi PDI-Perjuangan, menyoroti masih ada diskusi berlangsung terkait dengan struktur beberapa komisi di DPR yang mungkin akan disesuaikan dengan struktur kementerian dalam kabinet baru. Meskipun belum ada kepastian mengenai pembentukan AKD baru, dia menekankan pentingnya diskusi yang berkelanjutan.

“Diskusi masih berlangsung untuk mematangkan struktur dan jumlah AKD yang akan diadaptasi,” ucap Puan.

Baca  Diduga Banyak Non-ASN Fiktif, Komisi II DPR Minta Menpan RB Angkat Segera Honorer K2

Sementara itu, meski penyesuaian AKD baru akan ditetapkan menjelang pelantikan kabinet, Puan memastikan bahwa DPR periode 2024-2029, yang telah dilantik pada Selasa (1/10), sudah mulai melakukan tugasnya.

“Kami memiliki banyak agenda, termasuk konsolidasi internal fraksi dan penentuan pimpinan fraksi yang harus segera kami tuntaskan,” jelasnya.

Dengan keberadaan banyak anggota baru di DPR, Puan menyebutkan bahwa akan ada lebih banyak sesi pertemuan dan sosialisasi untuk memperkuat pemahaman mereka tentang prosedur dan dinamika kerja DPR.

Baca  Harga MinyaKita Naik dan Langka Puan Maharani Tegaskan Subsidi Harus Ringankan Beban Rakyat

“Kami harus menetapkan pimpinan fraksi terlebih dahulu. Ini sangat krusial mengingat kami hanya memiliki waktu seminggu sebelum penetapan komisi dan AKD,” tutupnya. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button