Kutim

Uci Dorong Pemerintah Kutim Tingkatkan Peluang Kerja dan Pelatihan untuk Perempuan

Anggota DPRD Kutim, Uci. (ist)

Editorialkaltim.com – Anggota DPRD Kutai Timur, Hj. Uci, menekankan pentingnya peningkatan peluang kerja dan pelatihan khusus bagi perempuan di Kutai Timur. Meski peran sebagai ibu rumah tangga masih menjadi pilihan bagi banyak perempuan, Uci mengakui banyak juga yang ingin terjun ke dunia kerja atau aktif dalam organisasi perempuan.

“Setiap perempuan memiliki pilihan masing-masing, ada yang merasa cukup di rumah, namun ada juga yang ingin aktif dalam berbagai kegiatan atau organisasi,” ungkap Uci, Selasa (27/8/2024). Beliau juga mengakui adanya banyak hambatan bagi perempuan yang ingin bekerja di sektor formal, terutama di perusahaan, dimana peluang kerja masih sangat terbatas.

Baca  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Wisata Pantai Manubar oleh Bupati Kutim

“Banyak yang menghubungi saya melalui WhatsApp, meminta bantuan mencari pekerjaan di perusahaan. Tapi, kenyataannya peluang kerja bagi perempuan di sektor perusahaan masih sangat minim, biasanya hanya tersedia di bagian administrasi atau kantor,” jelas Uci.

Uci berharap agar pemerintah daerah lebih serius dalam membuka peluang yang lebih luas bagi perempuan, melalui penyelenggaraan pelatihan dan bimbingan teknis yang dirancang khusus untuk mengembangkan potensi perempuan di Kutai Timur. “Pemerintah perlu memikirkan cara untuk membuka peluang yang lebih luas bagi perempuan, melalui pelatihan atau bimbingan teknis yang dapat mengembangkan potensi mereka,” tambah Uci.

Baca  Ketua Komisi B DPRD Kutim Lakukan Reses di Kampung Jawa, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Sebagai anggota fraksi PKS, Uci juga mendorong para ibu rumah tangga untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usaha kecil dan menengah (UMKM). “Saya mendorong ibu rumah tangga untuk menjalankan UMKM. Banyak contoh sukses pelaku usaha kecil yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk mereka secara online, dan dengan adanya layanan kurir, mereka tidak perlu repot mengantar sendiri,” terang Uci.

Dengan dukungan teknologi dan pelatihan yang tepat, Uci optimistis perempuan di Kutai Timur dapat menjadi lebih mandiri secara ekonomi dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian daerah.

Baca  Ardiansyah-Kasmidi Serukan Semangat Menuju Indonesia Emas 2045 di Peringatan HUT RI ke-78

“Dengan teknologi dan pelatihan yang tepat, saya yakin perempuan di Kutai Timur bisa lebih mandiri secara ekonomi,” tuturnya. Uci berharap pemerintah daerah segera mengambil langkah konkret untuk mendukung perempuan dalam mengembangkan potensi mereka, baik melalui peningkatan peluang kerja maupun pelatihan yang relevan.

“Saya berharap pemerintah daerah segera bergerak dengan langkah nyata untuk mendukung perempuan dalam mengembangkan potensi mereka,” pungkasnya.(Lah/shn/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button