Kukar

Tunjang Potensi Wisata di Desa dan Kelurahan, Dispar Kukar Siap Hadir Sebagai Fasilitator

Kadispar Kukar, Slamet Hadiraharjo. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Suksesnya desa wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil membawa prestasi hingga ke kancah nasional. Hal ini menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Pariwisata (Dispar) untuk terus menggali potensi-potensi pariwisata di desa dan kelurahan. Dengan melakukan pemenuhan fasilitas dan sarana prasarana yang akan menunjang pariwisata desa dan kelurahan tersebut.

Kadispar Kukar, Slamet Hadiraharjo menyebut tingginya potensi pariwisata di 193 desa dan 44 kelurahan terus diulik jajarannya. Dia mengatakan, potensi tersebut perlu dikembangkan dengan layak untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Dengan Pemkab Kukar sebagai fasilitator, Slamet pastikan pihaknya akan dengarkan aspirasi-aspirasi kelurahan dan desa terkait potensi wisata yang mereka miliki masing-masing.

Baca  Kukar Alokasikan Rp 300 Miliar untuk Sarana dan Prasarana Sekolah

“Tahun ini kami siap membantu dan memberikan desa yang mengusulkan menjadi desa wisata bantuan sarana dan prasarana penunjang,” ungkap Slamet.

Slamet mengatakan pengembangan ini sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah bersama Rendi Solihin. Yakni penguatan perkembangan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.  Untuk itu, Slamet pastikan Pemkab terbuka untuk memfasilitasi desa dan kelurahan yang mengajukan kawasan mereka menjadi desa wisata. 

Baca  KTRS ke-2 2023, Bupati Kukar Harap Lahir Bibit Atlet Baru

“Mereka hanya perlu memenuhi syarat memiliki tempat wisata yang pengelolaannya aktif melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) atau Pemerintah Desa. Kami siap menyediakan bantuan yang akan membantu menunjang desa wisata. Mulai dari kemah, hingga sarana dan prasarana homestay seperti kasur, bantal hingga toilet,” lanjutnya.

Slamet pastikan jajarannya akan terus berkoordinasi dengan Pemdes dan Pokdarwis yang berkeinginan meningkatkan potensi wisata. Upaya ini sejalan dengan meningkatkan potensi pariwisata yang ada di desa. Sehingga bisa melahirkan pariwisata yang mampu bersaing dengan desa di daerah luar.

Baca  Rendi Solihin Salurkan Perahu hingga Bibit Udang ke Masyarakat Perikanan Muara Badak

“Saya berharap pariwisata di Kabupaten Kukar terus meningkat dan memberikan multiplier effect. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan komitmen Bupati,” pinta Slamet. (tri/nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button