Kukar

Dafip Haryanto: Peningkatan Keamanan Data Center Langkah Strategis Penguatan Infrastruktur e-Government

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengadakan Diskusi Teknis Perangkat Keamanan Data Center. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengadakan Diskusi Teknis Perangkat Keamanan Data Center. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kukar, Dafip Haryanto, di Hotel Midtown Samarinda, Kamis (9/3/2023). 

Dalam kegiatan ini turut hadir para pejabat dan staf Bidang TIK serta Tim Distributor Fortinet yang diwakili oleh Handika, Ilmi Ibrahim Taufik, dan Muhammad Irfan.

“Sebagai data center, keamanan data dan jaringan menjadi prioritas utama,” ujar Dafip Haryanto.

Baca  Diskominfo Kukar Beri Pencerahan Teknis Bagi Peserta Magang Melalui Workshop TIK

Menurut Dafip Haryanto, pembangunan data center di Tenggarong adalah manifestasi program strategis daerah yaitu penguatan infrastruktur e-government. Dia menjelaskan bahwa data center milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar telah melalui proses analisis pengamanan infrastruktur jaringan terhadap jaringan intra dan data center. Proses tersebut juga telah melalui kegiatan Hardening Sistem Informasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara.

“Hasil dari hardening tersebut diperlukan untuk perbaikan celah keamanan pada data center,” tutur Dafip Haryanto.

Lebih lanjut, Dafip menjelaskan implementasi hasil hardening tersebut dilakukan dengan melakukan perbaikan pada topologi data center dan penambahan perangkat keamanan bagi data center. Kedua hal tersebut saat ini sedang dilakukan. Diskusi teknis ini diharapkan dapat menghasilkan topologi keamanan yang sesuai dengan kebutuhan dan meningkatkan kualitas keamanan jaringan intra dan data center milik Pemerintah Daerah.

Baca  Fokus Akuntabilitas Keuangan Daerah, Pemkab Ingatkan OPD Tindak Lanjuti LHP BPK RI

“Saya berharap diskusi ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para peserta,” harap Dafip.

Diskusi teknis ini menjadi penting mengingat berbagai ancaman siber dan serangan malware/spam yang bisa terjadi kapan saja. Dengan adanya diskusi teknis ini, diharapkan para peserta dapat memaksimalkan kinerja tim di Bidang TIK untuk meningkatkan fungsi pelayanan data center. Diskusi ini membahas berbagai materi, mulai dari topologi data center saat ini dan masa depan, tinjauan kebijakan produk keamanan data center, hingga skenario implementasi topologi yang akan digunakan.

Baca  Ketua Apindo Samarinda Harapkan Perubahan Tarif Berdampak Pada Peningkatan Layanan Kesehatan

[ LIN | ADV ]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button