Ragam

THR vs Undangan Nikah: Bagaimana Mengatur Keuangan di Bulan Syawal?

Undangan pernikahan (foto: indozone.id)

Editorialkaltim.com – Syawal adalah bulan yang penuh dengan berkah dan kebahagiaan. Namun, di balik itu semua, ada juga tantangan yang harus dihadapi oleh banyak orang, yaitu mengatur keuangan. Bagi yang bekerja, bulan Syawal biasanya menjadi bulan yang ditunggu-tunggu karena mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Namun, bagi yang mendapat banyak undangan nikah, bulan Syawal juga bisa menjadi bulan yang menguras dompet.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan di bulan Syawal agar tidak boros dan tetap bisa menabung? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan, sebagaimana dikutip dari laman cermati, Kamis (27/04/2023):

1. Buat anggaran bulanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran bulanan yang mencakup semua pengeluaran dan pemasukan Anda. Tentukan berapa persen dari THR yang akan Anda alokasikan untuk berbagai pos pengeluaran, seperti zakat, sedekah, belanja kebutuhan lebaran, angpao, transportasi, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian THR untuk menabung atau berinvestasi.

Baca  7 Ide Menu Sahur Praktis, Sehat dan Bergizi

2. Prioritaskan undangan nikah yang penting

Jika Anda mendapat banyak undangan nikah di bulan Syawal, Anda tidak perlu merasa harus menghadiri semuanya. Anda bisa memprioritaskan undangan nikah yang berasal dari keluarga dekat, sahabat, atau rekan kerja yang akrab. Untuk undangan nikah yang kurang penting, Anda bisa memberikan ucapan selamat melalui telepon atau media sosial.

3. Sesuaikan jumlah amplop berdasarkan hubungan Anda dengan pengantin

Jika Anda memutuskan untuk menghadiri undangan nikah, Anda tentu harus membawa amplop sebagai tanda penghargaan kepada pengantin. Namun, Anda tidak perlu memberikan jumlah amplop yang terlalu besar jika hubungan Anda dengan pengantin tidak terlalu dekat. Anda bisa menyesuaikan jumlah amplop dengan hubungan Anda dengan pengantin dan kondisi keuangan Anda.

Baca  Bolehkah Menerima Serangan Fajar? Ini Hukumnya dalam Islam

4. Manfaatkan promo dan diskon

Di bulan Syawal, banyak toko dan online shop yang menawarkan promo dan diskon untuk berbagai produk dan jasa. Anda bisa memanfaatkan promo dan diskon ini untuk menghemat pengeluaran Anda. Misalnya, Anda bisa membeli baju lebaran yang sedang diskon, atau menggunakan voucher transportasi online untuk pergi ke lokasi undangan nikah.

Baca  Memahami “Ilmu Padi” dalam Pandangan Islam

5. Jaga gaya hidup sehat

Selain mengatur keuangan, Anda juga harus menjaga gaya hidup sehat di bulan Syawal. Hal ini penting untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan tubuh dan jiwa Anda. Anda bisa melakukan hal-hal seperti berpuasa sunnah, berolahraga rutin, mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih cukup, dan istirahat cukup.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan di bulan Syawal yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat merayakan Idulfitri!

[BID | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button