Kukar

Studi Tiru Diskominfo Kukar ke Bontang Bahas Keterbukaan Informasi Publik, Implementasi PPID, dan Penanganan Hoax

Diskominfo Kukar menggelar studi tiru ke Diskominfo Bontang. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik (PLIP) Diskominfo Kukar, Surya Admaja, menyampaikan pentingnya studi tiru ke Diskominfo Kota Bontang dalam rangka meningkatkan layanan informasi publik di Kabupaten Kutai Kartanegara. 

“Kami berharap dapat belajar dari pengalaman dan praktik terbaik Diskominfo Kota Bontang untuk memperkuat sistem keterbukaan informasi publik dan penanganan hoax di era media digital,” kata Kabid PLIP Surya Admaja.

Dalam diskusi hangat tersebut, Kabid IKP Diskominfo Bontang, Iskandar, menjelaskan pentingnya kesamaan persepsi antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan semangat keterbukaan informasi publik menjadi produk hukum yang efektif. 

Baca  KPU Kukar Resmi Mulai Tahapan Pilkada 2024 dengan Kehadiran D'Bagindas dan Fitri Carlina

“Proses perumusan Perda Keterbukaan Informasi Publik melibatkan berbagai pihak untuk memastikan kejelasan dan keberlanjutan dalam memberikan akses informasi kepada publik,” ungkap Kabid IKP Diskominfo Bontang, Iskandar.

Diskominfo Kota Bontang juga menjelaskan tentang implementasi layanan informasi publik oleh badan publik. “Kami telah menggunakan e-arsip yang terhubung dengan halaman PPID dan melakukan koordinasi rutin dengan Badan Publik OPD dan Kelurahan terkait postingan arsip digital dan halaman PPID pada website Pemkot Bontang. Kami juga selalu melibatkan pihak Komisi Informasi Provinsi Kaltim untuk berkonsultasi dalam penanganan permintaan dan keberatan informasi publik,” sambungnya. 

Baca  Kutai Kartanegara Memperbaharui Zona Nilai Tanah untuk Pajak dan Penataan Ruang

Dalam konteks penanganan hoax pada media, Iskandar menjelaskan pentingnya peran hubungan media. “Kami cenderung tidak merespons adanya hoax pada media sosial. Namun jika diperlukan, kami akan mengadakan kegiatan press conference untuk memberikan penjelasan yang diperlukan kepada pihak media dan publik,” jelasnya.

Melalui studi tiru ini, Diskominfo Kukar berharap dapat mengadopsi praktik terbaik dari Diskominfo Bontang dalam memperkuat layanan informasi publik, meningkatkan transparansi, serta menjaga integritas dan kepercayaan publik. Dengan adanya kerjasama antarinstansi seperti ini, upaya Pemkab Kutai Kartanegara dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel semakin terdepan.

Baca  Pemkab Kukar Komitmen Tingkatkan Kualitas Infrastruktur

Melalui studi tiru ini, Diskominfo Kukar berharap dapat mengadopsi praktik terbaik dari Diskominfo Bontang dalam memperkuat layanan informasi publik, meningkatkan transparansi, serta menjaga integritas dan kepercayaan publik. Dengan demikian, upaya Pemkab Kutai Kartanegara dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel semakin terdepan. (lin/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button