Samarinda

Puji: Pendidikan Karakter di Sekolah Perlu Jadi Perhatian

Editorialkaltim.com – Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Puji Astuti menekankan pendidikan karakter di lingkungan sekolah untuk diperhatikan. Menurutnya, penting bagi peserta didik mememiliki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan sekitar, termasuk soal kebersihan.

“Menjaga dan melestarikan lingkungan membutuhkan kebiasaan. Karakter inilah yang harus dibangun kepada anak didik. Misalkan, membuang sampah pada tempatnya. Ini tidak akan mudah jika anak tidak memiliki kesadaran dan karakter yang baik,” tegas Puji, Rabu (15/02/2023).

Baca  Anggota Dewan Joha Fajal Klaim Dapat Suara Terbanyak, Optimis Rebut Kursi Pimpinan

Dia percaya, penerapan pendidikan karkater ini akan memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan mutu dan hasil pendidikan di sekolah. Dia pun mendorong Pemkot Samarinda melalui Dinas Pendidikan menginformasikan agar sekolah menerapkan pendidikan karakter positif kepada seluruh peserta didik.

“Aalah satu tujuan pendidikan adalah membentuk manusia yang bertanggung jawab. Baik secara pribadi maupun bersama-sama terhadap kelestarian lingkungan hidup. Untuk itu, Disdik juga harus memperhatikan hal ini,” terang Puji.

Baca  Puji Tegaskan Samarinda Harus Siap Hadapi IKN, Kualitas SDM Jadi Sorotan

Politikus Demokrat itu menyebutkan, pendidikan karakter di sekolah juga harus menekankan interaksi sosial seorang anak terhadap lingkungan, baik teman-temannya maupun lingkungan alam sekitar.

“Karakter cinta lingkungan perlu melibatkan jenjang dasar pendidikan melalui upaya penanaman, pemahaman, dan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kelestarian kualitas lingkungan,” tuturnya.

Dia pun mengajui, hal ini dapat terwujud jika penamanan pendidikan karakter anak yang berawal dari sekolah dan diperkuat di lingkungan keluarga.

Baca  Gor Segiri Bakal Direnovasi, Andi Harun Sebut Siap Jadi Kompleks Olahraga Modern

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button