Kaltim

Masykur Sarmian Tegaskan Pentingnya Perda Bantuan Hukum untuk Masyarakat Kecil

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Masykur Sarmian saat menggelar sosialisasi Perda Bantuan Hukum di Jalan M. Said No 07 RT 013, Lok Bahu Sungai Kunjang Samarinda, Minggu (26/2/2023). (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Masykur Sarmian menegaskan pentingnya mengetahui adanya bantuan hukum yang dikhususkan bagi masyarakat kecil atau kurang mampu. Fasilitas bantuan hukum ini, dapat dimanfaatkan dengan cuma-cuma.

Kepada masyarakat Lok Bahu, Masykur Sarmian menyampaikan, saat ini pemerintah telah memberikan payung hukum jika ada masyarakat yang terjerat masalah hukum, namun tidak memiliki biaya untuk mendapatkan fasilitas bantuan hukum, seperti membayar pengacara.

Baca  Gunakan E-Voting, Panlih Musywil PWPM Kaltim Tetapkan 33 Formatur

“Di Kaltim sendiri, DPRD dan Pemprov telah membentuk Perda No.5/2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum. Dengan perda ini, masyarakat bisa mendapatkan fasilitas bantuan hukum secara gratis” terang Masykur saat mensosialisasikan Perda Bantuan Hukum di Jalan M. Said No 07 RT 013, Lok Bahu Sungai Kunjang Samarinda, Minggu (26/2/2023).

Dijelaskan Masykur, didalam Perda tersebut diatur bagaimana cara masyarakat meminta bantuan hukum secara gratis. Mulai dari tingkat penyelidikan hingga putusan untuk perkara litigasi, baik perkara perdata maupun pidana.

Baca  Gangguan Kesehatan Mental Meningkat, Dewan Nilai Fasilitas Kurang Memadai

“Masyarakat hanya perlu mengajukan permohonan serta menyampaikan bukti, informasi dan/atau keterangan perkara secara benar kepada LBH yang berdomisili di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Dia berharap, Perda ini dapat menjamin pemenuhan hak penerima bantuan hukum agar masyarakat Samarinda khusunya dapat memperoleh akses keadilan dengan sebaik-baiknya.

“Saya berharap Perda Bantuan Hukum ini, dapat dimanfaatkan secara merata oleh seluruh masyarakat dan mewujudkan peradilan yang efektif, efisien, juga dapat dipertanggungjawabkan,” pungkas Masykur.

Baca  LPS PKTV Konsultasi ke KPID Kaltim Jelang Pemilu 2024

[NFA | ADV SOSPER]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button