Internasional
Trending

Kapal Selam Tur Wisata Titanic Hilang di Samudera Atlantik, Bawa 5 Penumpang

Kapal selam wisata ke bangkai kapal Titanic, “Titan”, yang menghilang di Newfoundland. (Foto: OceanGate)

Editorialkaltim.com – Operasi pencarian berskala besar sedang berlangsung di Samudera Atlantik setelah kapal selam tur wisata Titanic hilang saat menyelam ke bangkai kapal Titanic.

Kapal selam tersebut hilang kontak setelah menyelam selama 1 jam 45 menit pada Minggu (18/6/2023).

Melansir laporan BBC, Penjaga Pantai AS John Mauger mengatakan telah meluncurkan pencarian menyeluruh sekitar 900 mil (1.450 kilometer) timur Cape Cod, Massachusetts, sementara Penjaga Pantai Kanada mengatakan mereka juga mengambil bagian dalam upaya tersebut dengan pesawat sayap tetap dan sebuah kapal yang dikirim ke daerah pencarian.

Baca  Presiden Rusia Masukkan Volodymyr Zelensky dalam Daftar Buronan

John Mauger menyebut akan melakukan pencarian dalam waktu antara 70 dan 96 jam. Ia mengatakan meluncurkan sebuah kapal selam dan pelampung sonar dalam upaya pencarian kapal selam tersebut. Namun, seluruhnya mengalami kendala yang disebabkan area sekitar pencarian yang sempit.

“Area di mana pencarian dilakukan terpencil, sehingga operasi menjadi sulit,” ungkap John Mauger.

Ocean Gate Expeditions, perusahaan swasta yang mengoperasikan kapal tersebut menyebut bahwa kapal selam yang mereka operasikan dapat menampung lima orang.

Baca  ICJ Desak Israel Berikan Informasi Soal Kondisi di Zona Evakuasi Gaza

Ocean Gate Expeditions menawarkan kepada wisatawan kesempatan untuk menjadi salah satu dari sedikit orang yang melihat Titanic dengan mata kepala sendiri dalam perjalanan delapan hari dengan harga 25.000 dolar AS atau setara Rp 3,7 miliar.

Sejarah Singkat Kapal Titanic

Melansir History, Pada 15 April 1912, kapal laut Inggris RMS Titanic tenggelam di Samudera Atlantik Utara, kapal tersebut tenggelam sekitar 400 mil atau 644 kilometer di selatan Newfoundland, Kanada pada pukul 02.20 waktu setempat.

Baca  Memahami Hak dan Kewajiban Pekerja dalam Pelaksanaan Hubungan Industrial

Titanic merupakan kapal laut terbesar dan termewah yang pernah ada. Bertolak dari Southampton, Inggris, itu adalah perjalanan perdananya melintasi Samudera Atlantik.

Kapal itu membawa 2.200 penumpang dan awak. Sebanyak 1.500 orang meninggal dan 700 orang lainnya selamat. Kapal itu tenggelam setelah menabrak gunung es.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button