Kaltim

Isran-Hadi Kejar Terget Pembangunan 25 Ribu Rumah Layak Huni di 2023

Gubernur Kaltim, Isran Noor (kanan) dan Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi (kiri). (istimewa).

Editorialkaltim.com – Salah satu program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor dan Hadi Mulyadi adalah pembangunan 25 ribu Rumah Layak Huni (RLH). Program ini merupakan salah satu langkah nyata dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk memperbaiki kondisi perumahan warga yang kurang layak,  khususnya bagi yang terdaftar sebagai keluarga pra sejahtera. 

Hingga akhir 2022, realisasi pembangunan RLH ini mencapai 77,82 persen. Dengan rincian kumulatif sejak 2019 hingga 2022 telah dilakukan rehabilitasi sebanyak 19.151 unit rumah, 172 rumah susun (rusun) dan pembangunan 131 RLH.

Baca  DPRD PPU Nilai Kebutuhan Kantor OPD Jadi Prioritas Pembangunan

Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim, Ujang Rachmad menerangkan, indikator pembangunan RLH meliputi rehabilitasi dan pembangunan rumah layak huni melalui dana APBD, APBN, dan swasta. Pemprov berkomitmen menyelesaikan target pembangunannya sebelum masa kepemimpinan Isran-Hadi resmi berakhir, pada Oktober 2023 mendatang.

“Kami kejar lagi di 2023. Apalagi komitmen perusahaan juga mendukung. Rp16,9 miliar sudah terkumpul. Total uang CSR sebanyak 18,9 miliar,” terang Ujang.  

Baca  KPID Kaltim Siap Gelar Silaturahmi dan FGD Urgensi Perda Penyiaran

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR-PERA) Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda menargetkan program RLH akan selesai pada 2023 ini. Dia mengaku, tiap tahunnya, kurang lebih 5 ribu RLH telah dibangun. Dia mengakui, kendala yang cukup menghalangi adalah beberapa material, khususnya kayu sulit untuk dicari.

“Target sampai akhir 2023, 25 ribu itu inshaAllah tuntas. Kendalanya, sulit mencari material kayu yang dibutuhkan” ungkapnya.

Baca  Dinas Perindagkop Kaltim Bekali Pengurus Koperasi Lewat Pelatihan

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button