Olahraga
Trending

Indonesia Juara Umum di 8 Cabang Olahraga Sea Games Kamboja 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menjadi Pembina Upacara Pengukuhan Kontingen Indonesia SEA Games 2023 Kamboja, di Halaman Kemenpora Senayan Jakarta Pusat, Selasa (2/5). Foto: Dok Kemenpora

Editorialkaltim.com – Indonesia menutup SEA Games 2023 Kamboja dengan berada di peringkat ketiga, meraih total perolehan 276 medali dengan 87 medali emas, 80 medali perak, 109 medali perunggu.

Raihan kontingen Indonesia tersebut sudah melebihi target Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo 60 medali emas sekaligus target 69 medali emas Presiden Joko Widodo.

Dari total 36 cabang olahraga (cabor) SEA Games 2023 yang di pertandingkan, Indonesia mengirimkan kontingen pada 31 cabor. Menariknya, Indonesia juara umum di 8 cabang olahraga.

Berikut cabang olahraga yang meraih juara umum:

1.WUSHU

Wushu berhasil meraih 6 medali emas, 6 medali perak dan 2 medali perunggu. Catatan ini merupakan peningkatan setelah pada SEA Games 2021, wushu hanya mampu membawa pulang 3 medali emas, 9 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Baca  N'Golo Kante Resmi Gabung Al Ittihad, Dapat Gaji Rp1,4 Triliun per Tahun

2.TENIS

Tenis Indonesia membawa pulang 4 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu. Pencapaian ini melebihi target awal yang cuma tiga medali emas. Thailand yang menjadi juara umum di SEA Games 2021 kali ini harus puas menjadi runner-up.

3.PENCAK SILAT

Tim pencak silat Indonesia raih 9 medali emas, 6 perak, dan 1 perunggu. Raihan tersebut jauh lebih baik dari yang didapatkan pada gelaran tahun lalu. Di SEA Games 2021, pencak silat Indonesia menempati peringkat kelima dengan 1 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu.

4.BALAP SEPEDA

Balap Sepeda Tim Indonesia mengoleksi 5 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Indonesia mendominasi raihan dari disiplin Mount Bike (MTB) dengan 4 medali emas, satu lainnya emas dikoleksi oleh disiplin road criterium.

Baca  Resmi Jadi WNI, Maarten Paes Siap Perkuat Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2026

5.E-SPORTS

E-Sports Indonesia berhasil mengumpulkan 3 emas dari nomor Valorant, MLBB Women, dan PUBG Mobile kategori Team, serta 2 perak dari nomor CrossFire dan PUBGM Solo.

6.BOLA VOLI

Indonesia mencetak hattrick raih emas dari bola voli indoor SEA Games dan uniknya semuanya diraih dengan mengalahkan tim tuan rumah. Sisanya, 1 emas dari bola voli pantai putra, 1 Perak dari tim bola voli pantai putri, 1 Perunggu disumbang tim bola voli indoor putri.

7.ANGKAT BESI

Tim angkat besi Indonesia berhasil membawa pulang 5 emas, 2 perak, 4 perunggu. Tak hanya menjadi juara umum, lifter Indonesia juga berhasil memecahkan tujuh rekor SEA Games. Tiga rekor diciptakan Rizki Juniansyah di kelas 73 kg, tiga rekor di kelas 81 kg atas nama Rahmat Erwin Abdullah, dan satu rekor clean and jerk oleh Eko Yuli Irawan yang tampil di kelas 61 kg putra.

Baca  Erick Thohir Umumkan Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

8.BULU TANGKIS

Bulu tangkis Indonesia meraih 5 emas, 3 perak, 3 perunggu. Tim Merah Putih sukses mengalahkan Thailand yang mengoleksi 2 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Dengan hasil ini tim bulu tangkis melampaui target yang dicanangkan PBSI pada yaitu 4 medali emas.

[NDI]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button