Samarinda

Golput Masih Tinggi, Sugiyono: Kirab Pemilu Jadi Kesempatan Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Kirab Pemilu KPU Samarinda 2024.

Editorialkaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda baru saja menggelar kirab pemilu 2024, Minggu (2/4/2023), di depan Museum Samarenda. Agenda ini juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono. Dalam pelaksanaan kirab akan diselenggarakan hingga sembilan hari sejak kirab pemilu ini diresmikan oleh Wali Kota, Andi Harun.

Seperti diketahui kirab pemilu ini digelar untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang seputaran informasi pemilu. Sehingga agenda ini diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan haknya.

Baca  Jelang Pemilu, Indeks Demokrasi Kaltim Naik ke Peringkat 4 Nasional

“Dengan kirab KPU ini diharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang tepat dan mengetahui tahapan-tahapan pemilu itu seperti apa,” ungkap Sugiyono.

Seperti diketahui selama ini tingkat partisipasi masyarakat memang masih rendah, bahkan pada pemiu 2019 sebelumnya hanya mencapai 52,26 persen. Politikus PDI ini mengakui memang tingkat golput di Samarinda ini masih tinggi.

Baca  Sebelum Lalukan Penertiban, Angkasa: Masyarakat Perlu Diberi Pemahaman

“Makanya dengan adanya kirab ini diharapkan bisa menjadi upaya dari KPU untuk meningkatkan jumlah pemilih di tahun depan,” jelasnya.

Menurutnya sosialisasi pemilu ini tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU Samarinda, namun juga peranan dari seluruh kelompok masyarakat. Mulai dari organisasi masyarakat, paguyuban serta LSM.

Baca  10 Provinsi Netralitas ASN Paling Rawan di Pemilu 2024, Kaltim Termasuk

“Termasuk dari media juga diharapkan bisa memberikan informasi agar masyarakat mau menggunakan hak pilihnya saat hari pemilu,” tutupnya.

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button