Kaltim

Gelar FGD, KPID Kaltim dan KPID Bali Komitmen Tingkatkan Penyiaran Konten Lokal

Komisioner KPID Kaltim saat melakukan FGD bersama KPID Bali, Senin (15/5/2023).

Editorialkaltim.com – Untuk mendorong penyiaran konten lokal yang berkualitas, Komisioner KPID Kaltim mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang diinisiasi oleh KPID Bali. Acara tersebut dilaksanakan pada Senin (15/5/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Batiwakal Kantor Gubernur Kaltim ini mengangkat tema “Pengawasan Konten Lokal Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) di Samarinda”.

Wakil Ketua KPID Kaltim, Ali Yamin Ishak menyambut baik kedatangan jajaran komisioner KPID Bali dalam FGD tersebut. Dalam kesempatan ini, kedua lembaga tersebut membahas pentingnya penyiaran konten lokal oleh lembaga penyiaran SSJ. Di Samarinda sendiri, terdapat 21 lembaga penyiaran SSJ dari total keseluruhan sekitar 106 LP SSJ di Kaltim.

Baca  KPID Kaltim Canangkan Peningkatan Kinerja Pengawasan Siaran Televisi di 2023

“Lembaga penyiaran SSJ di Kaltim berjumlah 106, di Samarinda terdapat sekitar 21 LP. Dalam berbagai kesempatan, kami telah menyampaikan tentang pentingnya menyiarkan konten lokal dan kami juga memantau apakah konten tersebut sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS),” jelas Ali.

Ketua KPID Bali, I Gede Agus Astapa menjelaskan, Kaltim dipilih sebagai lokasi FGD karena daerah ini kaya akan budaya. Kaltim memiliki beragam kearifan lokal.

Baca  Dukung Pemilu Damai dan Berkualitas, SMSI Kaltim Gelar Rakorwil di Berau

“Kami ingin berdiskusi tentang bagaimana konten lokal ini dapat disiarkan di lembaga penyiaran di sini, sesuai dengan kebijakan 10% konten lokal,” jelasnya.

“Sama halnya di Bali, yang terkenal dengan beragam kearifan lokalnya. Oleh karena itu, Gubernur Bali telah menekankan pentingnya menjaga kelestarian budaya melalui penyiaran,” tambah I Gede Agus Astapa.

[NFA | ADV]

Baca  Peningkatan APBD Kaltim 2024: Fokus Pemprov pada Pendidikan dan Mitigasi Bencana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button