Kukar

Pemdes Benua Puhun Akan Gunakan 100 Hektare untuk Lahan Persawahan 

Ilustrasi areal persawahan.

Editorialkaltim.com –  Sektor pertanian selalu menjadi perhatian dan fokus utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) yang bertujuan untuk menjadikan Kabupaten Kukar sebagai lumbung pangan di daerah sendiri maupun untuk provinsi Kalimantan Timur dan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Maka dari itu, Pemerintah Desa Benua Puhun, Kecamatan Muara Kaman. Telah menyediakan lahan seluas 100 hektare (ha) yang dipersiapkan untuk lahan persawahan. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Desa (Kades) Benua Puhun, Ardinansyah. Dia mengatakan, program tersebut sudah berjalan dan telah memasuki tahap pembuatan alur parit dan drainase. Hal tersebut bertujuan agar aliran air tidak mengendap sehingga dapat mengalir ke sungai secara langsung tanpa adanya hambatan. 

Baca  Pernyataan Rendi Solihin Soal Ketahanan Pangan Dapat Respon Positif dari OIKN

“Lahan yang direncanakan ini sudah bisa ditanam padi, kami berkeyakinan lahan ini bisa menjadi lumbung pangan jika sudah bisa dilakukan penanaman padi, ” ujarnya. 

Ardinansyah menilai peran drainase sangat penting untuk digunakan sebagai pengairan persawahan, dan kebetulan lokasi desa yang berdekatan dengan aliran Sungai Mahakam, yang berpotensi dapat menyebabkan banjir jika terjadi air pasang dan naik. 

Baca  Pemkab Kukar Siapkan Rp300 Miliar Benahi Fasilitas Pendidikan di 20 Kecamatan

Untuk saat ini, dia menyebutkan, Desa Benua Puhun hanya memiliki 10-15 orang yang menggeluti pekerjaan sebagai petani. Apabila rencana ini berhasil, maka akan dibagikan kepada seluruh Kepala Keluarga (KK) yang menetap di Desa Benua Puhun. Agar masyarakat dapat menanam padi di areal persawahan yang telah diciptakan. 

“Ini salah satu cita-cita dan angan-angan masyarakat bahwa di Desa Benua Puhun bisa menciptakan lumbung padi,” tutupnya. 

Baca  Dafip Haryanto Hadiri Erau Pelas Benua Pemarangan Desa Jembayan Loa Kulu

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button