Samarinda

DPRD Samarinda Minta Pemkot Distribusi Vaksin Rabies ke Seluruh Puskesmas

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti. (qon/editorialkaltim.com).

Editorialkaltim.com – DPRD Samarinda minta Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan sosialisasi hingga maksimalkan penanganan virus rabies, lewat pendistribusian vaksin secara merata ke seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Puji Astuti mengatakan, pemkot harus mengatisipasi dan melindungi warga juga hewan peliharaan di rumah, terutama anjing.

“Karena penyebaran rabies tidak hanya terjadi dari anjing liar saja, tetapi bisa jadi telah menjangkit anjing peliharaan di rumah,” ujarnya, Kamis (13/4/2023).

Baca  Akses Layanan Kesehatan Tanpa Biaya, Arman Bersyukur Biaya Pengobatan Jantungnya Ditanggung JKN

Dia mengakatak, Pemkot harus melakukan sosialiasi yang lebih intens terhadap masyarakat yang memiliki anjing peliharaan. Sebab, diketahui rabies sudah ada masuk ke Samarinda. Namun, ketersediaan vaksin belum menyebar ke seluruh puskesmas yang tersedia.

“Harus segera dilakukan sosialiasi dan pengolahan data per RT, sehingga kita tau dari daerah mana virus rabies tersebar,” terang puji.

Baca  Hadiri Deklarasi Bontang sebagai Kota Lengkap, Afif: Samarinda Siap Susul

Kendati demikian, dia mengatakan, saat ini pemerintah sudah mempersiapkan tenaga medis yang memadai bahkan mempersiapkan anggaran untuk kebutuhan vaksinasi rabies di Samarinda.

“Tentunya, permasalahan kita hanya ada di penyebaran vaksin saja, untuk hal yang lain seperti anggaran dan tenaga medis kita sudah memadai,” ujarnya.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button