InternasionalOlahraga

Daftar Top Skor di 5 Liga Top Eropa Musim 2022-2023

Erling Haaland (Foto: Instagram/erling.haaland)

Editorialkaltim.com – Semua liga domestik utama di sepak bola Eropa musim 2022/2023 telah berakhir. Dengan lima liga teratas di Eropa telah menobatkan juara masing-masing. Begitu halnya dengan kepastian pemain yang berjaya sebagai pencetak gol terbanyak.

Pertandingan terakhir musim ini sangat dramatis. Dengan klub-klub top Eropa berjuang dengan gagah berani untuk memenangkan gelar juara atau kualifikasi untuk sepak bola Eropa musim depan.

Ada beberapa striker andalan di Eropa yang selalu menjadi sorotan sepak bola dunia. Apalagi striker dalam sepak bola mempunyai peran penting dalam memenangi sebuah pertandingan.

Berikut lima top skor teratas di lima liga top Eropa musim 2022/2023 yang telah dirangkum Editorialkaltim.com.

Liga Inggris – Erling Haaland (Manchester City)

Bomber Manchester City Erling Haaland menyabet penghargaan Sepatu Emas. Haaland menjadi pencetak gol terbanyak Liga Inggris usai mencetak 36 gol. Unggul jauh dari rival terdekatnya yaitu penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane yang mencetak 30 gol.

Baca  Man City Juara Liga Inggris Keempat Kalinya Beruntun, Kunci Sejarah di Etihad

Jumlah gol Erling Haaland itu menciptakan rekor baru dalam semusim Liga Inggris. Sebelumnya rekor gol terbanyak kompetisi itu dipegang oleh Mohamed Salah ketika menciptakan 32 gol untuk Liverpool pada 2017/2018.

Liga Prancis – Kylian Mbappe (PSG)

Kylian Mbappe kembali menerima penghargaan Sepatu Emas setelah mengemas 29 gol di Liga Prancis, mengalahkan striker Lyon, Alexandre Lacazette 27 gol. Prestasi top skor ini adalah yang kelima kalinya secara beruntun.

Striker Timnas Prancis berusia 24 tahun itu kini tercatat telah menyamai rekor lima penghargaan Sepatu Emas berturut-turut yang dimiliki oleh Jean-Pierre Papin.

Liga Italia – Victor Osimhen (Napoli)

Victor Osimhen jadi pencetak gol terbanyak Liga Italia dengan koleksi 26 gol dari 32 pertandingan. Dia mengalahkan Lautaro Martinez selaku rival terdekat yang mengemas 21 gol dari 38 laga.

Baca  Manchester City dan Barcelona Femeni Sabet Gelar Klub Terbaik di Ballon d'Or 2023

Osimhen merupakan pemain Napoli keempat sepanjang sejarah yang berhasil jadi top skor dalam satu musim Liga Italia setelah Diego Maradona, Edison Cavani, dan Higuain.

Liga Spanyol – Robert Lewandoski (Barcelona)

Robert Lewandowski jadi top skor Liga Spanyol dengan koleksi 23 gol dari 34 penampilan. Dia unggul empat gol atas penyerang Real Madrid, Karim Benzema, yang menempati peringkat kedua daftar top skor Liga Spanyol. Karim Benzema tercatat membukukan 19 gol dalam 24 penampilannya.

Penghargaan Sepatu Emas sekaligus melengkapi pencapaian Robert Lewandowski pada musim pertamanya bersama Barcelona. Setelah bergabung dengan Barcelona pada Juli 2022, Lewandowski sudah meraih dua gelar juara bersama klub. Adapun dua gelar yang diraih Robert Lewandowski dkk adalah juara Piala Super Spanyol dan LaLiga.

Liga Jerman – Niclas Fullkrug (Werder Bremen) & Christoper Nkunku (RB Leipzig)

Christopher Nkunku dan Niclas Fullkrug sukses menjadi yang teratas dalam hal mencetak gol. Keduanya berhasil mencetak 16 gol dari dua klub berbeda.

  1. Niclas Fullkrug. Penyerang yang membela Werder Bremen tersebut tampil menggila di depan gawang lawan. Bermain dalam 28 pertandingan, Fullkrug berhasil menorehkan 16 gol. Ini menjadi gelar top skor pertama bagi pemain 30 tahun tersebut. Tak hanya itu, pemain asal Jerman ini juga berkontribusi dengan catatan lima assist.
  2. Christopher Nkunku. Tak hanya jadi salah satu pencetak gol terbanyak, penyerang RB Leipzig itu juga menjadi peraih penghargaan Player of the Season Bundesliga musim ini. Bermain dalam 25 laga, Nkunku menorehkan 16 gol dan 4 assist di kasta tertinggi Liga Jerman. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltimcom”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button