NasionalTokoh

Budi Gunadi Sadikin Kembali Dipercaya Prabowo Jadi Menkes Setelah Sukses Tangani Pandemi

Presiden Prabowo Subianto secara resmi mengangkat Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan untuk periode 2024-2029 (Foto: Dok Budi Gunadi)

Editorialkaltim.com – Presiden Prabowo Subianto secara resmi mengangkat Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan untuk periode 2024-2029.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2024).

Budi Gunadi Sadikin lahir di Bogor pada 6 Mei 1964. Sebelum memasuki dunia pemerintahan, Budi memiliki latar belakang sebagai bankir. Ia menikah dengan Ida Rachmawati dan dikaruniai tiga orang anak.

Pendidikan Budi dimulai di Sekolah Regina Pacis dari jenjang sekolah dasar hingga menengah atas. Setelah itu, ia melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan mengambil jurusan teknik fisika nuklir.

Meski berlatar belakang ilmu fisika, karier Budi justru berkembang di dunia perbankan, yang kemudian mendorongnya mengambil sertifikasi Chartered Financial Consultant (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) di Singapore Insurance Institute.

Baca  Profil Agus Andrianto, Wakapolri yang Jadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan

Karier Panjang Sebelum Menjadi Menteri

Karier Budi Gunadi Sadikin dimulai pada tahun 1988 saat bekerja di International Business Machines (IBM) Asia Pasifik sebagai staf teknologi selama enam tahun. Ia kemudian berkarier di IBM Indonesia di bidang integrasi sistem dan layanan profesional selama empat tahun.

Setelah itu, Budi bergabung dengan Bank Bali, di mana ia menjabat berbagai posisi, termasuk general manager electronic banking dan chief general manager sumber daya manusia, dari tahun 1999 hingga 2004.

Setelah dari Bank Bali, Budi pindah ke ABN Amro Bank Indonesia sebagai direktur consumer banking pada 2004. Ia juga pernah menjadi executive vice president di PT Bank Danamon hingga 2006, sebelum akhirnya bergabung dengan Bank Mandiri.

Baca  Kelola Dana Amanat, BPJS Kesehatan Gelontorkan Klaim 113,47 Triliun

Di Bank Mandiri, Budi menjabat sebagai direktur mikro dan retail banking hingga 2013 dan kemudian menjadi direktur utama Bank Mandiri.

Pada tahun 2016, Budi Gunadi Sadikin bergabung dengan Kementerian BUMN sebagai staf ahli. Setelah itu, ia dipercaya menjadi direktur utama PT Indonesia Asahan Aluminium dari 2017 hingga 2019.

Di periode kedua pemerintahan Joko Widodo bersama Ma’ruf Amin, Budi diangkat sebagai Wakil Menteri BUMN periode 2019-2024. Pengalamannya di dunia BUMN semakin mengukuhkan namanya sebagai sosok yang berpengaruh di berbagai sektor ekonomi dan bisnis.

Baca  Kemensos Buka 683 Formasi CPNS 2024, Segera Daftar!

Menjadi Menteri Kesehatan di Tengah Pandemi

Pada akhir 2020, Budi Gunadi Sadikin ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan, saat terjadi reshuffle kabinet di tengah pandemi Covid-19.

Dalam masa jabatannya, Budi bersama Kementerian Kesehatan bekerja keras menangani berbagai tantangan pandemi, dari penyediaan vaksin hingga penanganan kasus Covid-19 di seluruh Indonesia.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button