Penajam Paser Utara

Pimpinan dan Anggota DPRD PPU Ikuti Pembukaan Orientasi di Balikpapan

Pembukaan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten dan Kota se Kalimantan Timur tahun 2024 (Foto: Dok. BPSDM Kaltim)

Editorialkaltim.com – Acara Orientasi Anggota DPRD Kabupaten dan Kota se Kalimantan Timur tahun 2024 telah resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalimantan Timur di Swissbell Hotel Balikpapan, Jumat (6/9/2024).

Dalam acara yang dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Pj Gubernur Akmal Malik menekankan pentingnya pengawasan oleh DPRD berlandaskan data akurat. “Tanpa data yang kuat, pengawasan yang efektif atas pelaksanaan program kerja OPD akan sulit dilakukan,” ujar Akmal Malik.

Baca  Hadiri Pelantikan P3K se-Kukar, Farida Dorong Pegawai Baru untuk Berkontribusi dalam Peningkatan Layanan Publik

Pj Gubernur juga memaparkan contoh konkret mengenai pentingnya data presisi, seperti data pekerja rentan yang dibiayai daerah dan dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan, yang menurutnya kritikal untuk pengawasan.

Kepala BPSDM Kalimantan Timur, Nina Dewi, mengatakan bahwa orientasi ini dibagi dalam lima gelombang, dengan setiap gelombang terdiri dari dua daerah. “Kami menghadirkan narasumber yang kompeten dengan Sertifikat Training of Trainers dari BPSDM Provinsi Kalimantan Timur dan Universitas Mulawarman Samarinda,” tambahnya.

Baca  Pembenahan Sektor Pasar di PPU untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Biro PPOD Setdaprov Kalimantan Timur, Siti Sugiyanti, dan sejumlah Widyaiswara Kalimantan Timur, yang turut serta memberikan materi dan pelatihan.

Acara ini diharapkan tidak hanya sebagai seremonial, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam peningkatan kemampuan anggota DPRD untuk mengemban amanat masyarakat dengan lebih efektif. (Roro/adv)

Baca  Pentas Seni dan UMKM Dinas Pertanian Kabupaten PPU Rayakan Awal HUT Ke-22

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button