Nasional

Gagal Maju Pilkada DKI 2024, Cak Imin Minta Anies Baswedan Bersabar

Anies baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: Reuters)

Editorialkaltim.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, mengajak mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk bersabar menghadapi dinamika politik jelang Pilkada DKI Jakarta 2024.

Hal ini disampaikan Cak Imin saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024) malam. Menurutnya, perkembangan politik yang terjadi sangat cepat dan tak terduga.

“Memang proses politik ini begitu cepat, saya minta Mas Anies sabar,” ujar Cak Imin.

Baca  Anies Kritik Pemerintah, Program Daerah Tidak Pernah Dibahas Bersama Pusat

Ia mengaku terkejut dengan cepatnya dinamika politik di Pilkada Serentak 2024. Kendati begitu, Cak Imin menegaskan bahwa komunikasi antara dirinya dan Anies masih terjalin erat.

“Terlalu cepat kemarin, saya tidak menyangka secepat itu. Jadi, saya belum sempat,” tambahnya.

Pada Pilkada Jakarta 2024, Koalisi Indonesia Maju dan beberapa partai lainnya yang tergabung dalam KIM Plus telah resmi mengusung pasangan Ridwan Kamil (RK) dan Suswono. Ridwan Kamil-Suswono mendapat dukungan luas dari beberapa partai besar seperti PKS, NasDem, hingga PKB.

Baca  PDIP Masih Kaji Nama Calon untuk Pilkada DKI Jakarta 2024, Ahok dan Anies Masuk Bursa

Deklarasi dukungan ini dianggap sebagai pukulan berat bagi Anies Baswedan, yang saat ini berharap mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan. Namun, PDIP sendiri menghadapi kendala dalam mengajukan calon karena kekurangan partai koalisi.

Situasi ini meningkatkan spekulasi karier politik Anies Baswedan di Pilkada Jakarta bisa berakhir jika PDIP tidak mendapatkan dukungan dari partai koalisi lain. Saat ini, seluruh partai yang memiliki kursi di DPRD Jakarta telah memberikan dukungan mereka kepada pasangan RK-Suswono. (ndi)

Baca  Dianggap Lampaui Batas, DPR RI Bakal Evaluasi Peran Mahkamah Konstitusi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button