IKNNasional

Siap Mengaspal di IKN, Kereta Tanpa Rel Uji Coba Perdana 5 Agustus 2024

Ilustrasi kereta api tanpa rel (Foto: Getty Images)

Editorialkaltim.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi baru-baru ini mengumumkan Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta otonom tanpa rel akan segera beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), tepatnya di kawasan Sumbu Kebangsaan. Kereta tanpa rel ini dijadwalkan untuk menjalani uji coba pertamanya pada Senin, 5 Agustus 2024.

“Kereta ini akan beroperasi dengan dua jalur transit di mana setiap jalur akan dikelilingi oleh tiga kereta yang berputar antara Sumbu Kebangsaan, Sumbu Barat, dan Sumbu Timur, dengan interval keberangkatan setiap lima menit,” kata Menhub Budi.

Baca  Dapat Tugas Lagi, Jokowi Bakal Tunjuk Luhut Jadi Koordinator Investasi Apple di IKN

Budi menambahkan kereta ART ini telah disiapkan rolling stock-nya di Kota Balikpapan. Menhub juga mengungkapkan rencana kerja sama dengan BUMN China, CRRC Zhuzhou Institute Co Ltd, dan Norinco, yang akan bertindak sebagai penyedia kereta.

Untuk memikat pengguna, pihak kereta ART akan memberikan layanan gratis dari Agustus hingga Desember 2024.

“Kita menyediakan infrastruktur jalan yang telah dikonstruksi oleh Otorita IKN bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta pembuatan marka-marka jalur,” terang Budi.

Baca  Partai Koalisi Prabowo-Gibran Akan Bertemu Pada Bulan Mei, NasDem dan PKB Diundang

Selanjutnya, Menhub menekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki keinginan kuat untuk menjadikan kereta ART sebagai salah satu pilihan transportasi utama di IKN.

IKN sendiri direncanakan sebagai kawasan yang mengadopsi konsep kota cerdas, dengan landasan prinsip hijau dan berkelanjutan.

Diharapkan, dengan keberadaan ART di IKN, akan terjadi peningkatan dalam efisiensi dan keamanan pergerakan, serta mendorong penggunaan transportasi yang lebih ramah terhadap lingkungan. Operasi kereta ini menggunakan baterai serta teknologi marka jalan dan magnet, yang secara signifikan berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca.

Baca  Bupati Sebut Kutai Timur Siap Menjadi Superhub IKN

Inisiatif ini menempatkan IKN pada posisi sebagai pelopor dalam penerapan transportasi cerdas di Indonesia, dengan harapan dapat memotivasi kota-kota lain di Indonesia untuk mengadopsi dan mengembangkan sistem transportasi yang lebih modern dan ekologis. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button