Kukar

26 Kelurahan dan Desa di Kukar akan Dapat LPJU Baru di 2023

Kepala Dinas Perhubungan Kukar, Ahmad Junaidi. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Kebutuhan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di kelurahan dan desa terus dipenuhi Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Kartanegara (Kukar). Pada 2023 ini, sebanyak 26 desa/kelurahan di wilayah hulu dan pesisir akan mendapatkan penerangan jalan dari Pemkab Kukar.

Kadishub Kukar, Ahmad Junaidi mengatakan pagu sebesar Rp6 Miliar dari APBD 2023 telah digelontorkan Pemkab Kukar untuk pemenuhan dan perawatan LPJU. Pemenuhan inipun dipastikan sesuai sasaran, karena telah berdasarkan usulan masyarakat hingga Bupati dan Wakil Bupati melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Baca  DPRD PPU Nilai Kebutuhan Kantor OPD Jadi Prioritas Pembangunan

“Kami sudah tahap perencanaan. Mungkin akhir bulan ini selesai, dan kami bisa langsung melakukan pengerjaan fisiknya di April,” ungkap Junaidi tidak lama ini.

Junaidi mengatakan, jajarannya telah melakukan pemetaan terhadap efektifitas LPJU. Hal ini berhubungan dengan keselamatan berkendara dan biaya listrik LPJU. Dirinya mengatakan saat ini pembayaran rekening listrik masih tinggi karena menggunakan kontrak daya. Namun Junaidi mengatakan pihaknya berencana beralih ke LPJU Light Emitting Diode (LED) yang penggunaannya lebih efisien dan hemat dengan watt lebih rendah.

Baca  Bupati Apresiasi Sederet Prestasi Koperasi Sawit dalam HUT KPBS

“Kami juga usulkan penggunaan Smart LPJU. Yang pada jam tertentu akan redup, sehingga penggunaan LPJU setiap harinya lebih hemat. Karena itu tujuannya, penghematan. Semoga disetujui pak Bupati,” harap Junaidi.

[ELM | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button