Kukar

Tingkatkan PADes, BUMDes Lebak Mantan Produksi Tusuk Sate 

Tusuk Sate. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Guna menggerakkan roda perekonomian desa dan masyarakat.  Desa Lebak Mantan, Kecamatan Muara Wis, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) nya mengadakan lima unit mesin produksi tusuk sate. Yang mana produksi tersebut dinilai berpotensi menjadi sumber pendapatan PADes. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kades Lebak Mantan, Satibi Yusuf, mengatakan,  mayoritas masyarakat telah mendapatkan penyelesaian tambahan melalui usaha sampingan produksi tusuk sate yang diproduksi secara rumahan.

Baca  Wujudkan "Kukar Idaman", Bupati Dorong OPD Ciptakan Inovasi

“Dalam satu bulan mereka mampu memproduksi 5 ribu hingga 10 ribu tusuk sate,” ucap Satibi Yusuf baru-baru ini. 

Sedangkan untuk pemasaran, Satibi mengatakan, saat ini masih di wilayah Tenggarong dan Samarinda dengan harga tiap ikat tusuk sate Rp15 ribu. Tentunya dengan adanya kegiatan sepeda diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Sampai saat ini, ia mengaku telah banyak warga yang juga ikut bergabung dalam usaha rumahan ini untuk berinovasi meningkatkan pemasaran lebih luas lagi. Termasuk dengan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar dan Dinas Koperasi dan UKM (Diskop-UKM) Kukar.

Baca  Jamrud Guncang Festival Seni Budaya Nusantara, UMKM di Muara Badak Raup Keuntungan

“Selanjutnya, untuk meningkatkan pemasaran, pengemasan, dan pelatihan, kami akan mencoba berkoordinasi dengan Dinas terkait,” pungkasnya.

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button