Samarinda

Subandi Sebut Dukungan Pemkot Penting untuk Suksesnya Raperda UMKM di Samarinda

Wakil Ketua DPRD Samarinda H Subandi, menggelar silaturrahmi bersama warga sekaligus mensosialisasikan Raperda Perlindungan dan Pendistribusian Produk Lokal UMKM. Istimewa.

Editorialkaltim.com – Wakil Ketua DPRD Samarinda H Subandi, menggelar silaturrahmi bersama warga sekaligus mensosialisasikan Raperda Perlindungan dan Pendistribusian Produk Lokal UMKM. Acara ini terjadi di Kelurahan Teluk Lerong, Kecamatan Ulu Samarinda, Sabtu (20/5/2023).

DPRD berencana merumuskan Raperda inisiasi menjadi peraturan daerah. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. Anggota dewan akan mengintegrasikan masukan masyarakat dalam Raperda.

Baca  Afgan Sukses Haru Birukan Pembukaan Sukaramai Food Village Samarinda

“Raperda ini bertujuan untuk mendorong perkembangan UMKM,” ujar H Subandi. Subandi menekankan pentingnya usulan dan pertukaran informasi dari masyarakat.

Subandi mengungkap tantangan UMKM di Samarinda, seperti kurangnya pengetahuan tentang program Modal Bertuah. “Hanya 2 M dari 15 M dana yang diserap dari BPD,” tuturnya.

Menurut Subandi, jika anggaran 15 Miliar tidak diserap maksimal, ini merugikan masyarakat Samarinda. Dia menekankan bahwa Pemkot harus mendukung perkembangan UMKM, termasuk dalam penyiapan perizinan dan peningkatan kualitas.

Baca  Laila Fatihah Sebut Kenaikan Harga Beras Bukan Indikasi Kelangkaan
Wakil Ketua DPRD Samarinda H Subandi, menggelar silaturrahmi bersama warga sekaligus mensosialisasikan Raperda Perlindungan dan Pendistribusian Produk Lokal UMKM. Istimewa.

“Pemerintah harus fokus membantu UMKM baru dalam hal administrasi dan pendampingan,” pungkas Subandi.

Subandi juga berharap agar ada peningkatan sinergi antara pemerintah dan pelaku UMKM. Dia percaya sinergi tersebut penting untuk memaksimalkan pemanfaatan anggaran dan meningkatkan kualitas UMKM.

“Kita harus sama-sama bekerja keras untuk membantu UMKM. Sebuah sinergi yang baik antara pemerintah dan UMKM dapat memastikan penggunaan anggaran yang efektif dan peningkatan kualitas produk lokal,” tutup Subandi.

Baca  Damayanti Tekankan Pentingnya Peran GOPTKI dalam Pendidikan Awal Anak

[LIN | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button