Samarinda

Tingkatkan PAD, Dewan Samarinda Dorong Perbaikan Pariwisata

Sekretaris Komisi II DPRD Samarinda, Novi Marinda Putri. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Melalui pembangunan IKN, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, pembangunan dan angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya terpusat di Pulau Jawa.

Menanggapi hal tersebut anggota komisi II DPRD Samarinda, Novi Marinda Putri mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata yang dalam pengolahannya belum dimaksimalkan dengan baik.

Novi menyampaikan, PAD di Samarinda dapat meningkat jika memaksimalkan potensi wisata yang ada di Kota Tepian. Dirinya menilai sektor pariwisata mampu menjadi salah satu sumber penambahan PAD.

Baca  Dewan Soroti Pelanggaran Pemasangan Alat Peraga Kampanye oleh Parpol di Samarinda

“Pariwisata di Samarinda ini tidak dikelola dengan baik akhirnya yang mengambil kesempatan itu oknum-oknum yang membuat spot pariwisata yang kita tidak tahu itu masuk PAD atau tidak,” ungkapnya.

Politisi PAN ini meminta Pemkot Samarinda melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) untuk lebih maksimal dan memberikan perhatian dalam menangani pariwisata yang selama ini kurang diprioritaskan sehingga berdampak pada  PAD Samarinda yang belum bisa meningkat.

Baca  Jokowi Minta Kementerian Setop Bikin Aplikasi Baru

“Harusnya lebih fokus menangani ini untuk penambahan PAD di kota kita, ya dikatakan belum efektif jadi perlu dievaluasi oleh pemkot lewat Disporapar,” jelasnya

Dirinya berharap dunia pariwisata di Samarinda dapat dibenahi dengan baik untuk memunculkan daya tarik masyarakat lokal maupun luar daerah, serta ia menilai ketika pariwisata sudah baik maka akan memberikan efek domino bagi sektor lain seperti perhotelan, perekonomian masyarakat dan juga tempat lainnya

Baca  Subandi Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

“Harapannya itu harus benar-benar dibenahi untuk menjadi daya tarik orang ke sini dan melihat, ketika mereka datang kesini otomatis bukan hanya pariwisata saja tapi perhotelan dan lain-lain itu pasti akan tumbuh dengan sendirinya,” tutupnya.

[QON | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button