IKNNasional

Siap-Siap! Seleksi CPNS & PPPK 2024 Dibuka Juni, 2.906 Talenta Digital Ditempatkan di IKN

Presiden Joko Widodo di Titik Nol Nusantara (Foto: BPMI Setpres)

Editorialkaltim.com – Pemerintah menargetkan akan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun 2024 pada bulan Juni atau Juli mendatang. Seleksi ini mencakup posisi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Termasuk 2.906 Ahli Digital Bakal Ditempatkan di IKN.

Menurut pengumuman yang dibuat oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, jumlah total formasi yang disetujui untuk tahun 2024 mencapai 1.289.824.

Baca  Kutim Ditunjuk Sebagai Superhub Ekonomi IKN, Sektor Perikanan Jadi Fokus

Dari jumlah tersebut, 427.650 formasi dialokasikan untuk instansi pusat, sementara 862.174 formasi untuk instansi daerah, termasuk formasi khusus untuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan berbagai pemerintah daerah.

Konferensi pers yang diadakan di Jakarta, pada hari Minggu (5/5/2024), menjadi momen Menteri Anas menjelaskan proses lebih lanjut setelah instansi pemerintah menerima Surat Keputusan (SK) Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan atau formasi pegawai ASN.

“Setelah itu, koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan dilakukan untuk mengumumkan lowongan formasi dan persiapan seleksi,” ucap Menteri Anas.

Baca  Pieter Huistra: Borneo FC Siap Sapu Bersih 6 Laga Sisa BRI Liga 1

Menteri Anas juga menyampaikan harapan pada awal Juli, pengumuman tentang waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sudah bisa disampaikan. Namun, ia menambahkan bahwa jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi masih dinamis dan akan terus mengikuti perkembangan yang ada.

Dari proses verifikasi dan validasi yang telah dilakukan oleh BKN, terdapat 2.906 formasi untuk talenta digital yang akan ditempatkan di IKN.

Baca  Istana Negara IKN Rampung Juli 2024, PUPR: Presiden Bisa Upacara 17 Agustus

Sedangkan untuk pemenuhan talenta digital di pemerintah daerah, tersedia sebanyak 19.817 formasi. Adapun untuk SDM Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), disediakan sebanyak 794 formasi, yang terdiri dari 491 auditor dan 301 Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD). (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button