Kukar

Sekda Kutai Kartanegara Sambut Gubernur dalam Peresmian Peningkatan Kapasitas SPAM

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Isran Noor meresmikan peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Kukar yang mampu menghasilkan 50 liter/detik.

Editorialkaltim.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Isran Noor telah mengunjungi Kutai Kartanegara (Kukar) untuk meresmikan peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Kukar yang mampu menghasilkan 50 liter/detik.

Kunjungan gubernur disambut oleh Sekda Kukar H Sunggono, Dandim 0906/KKR Letkol (Inf) Jeffry Satria, dan Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena. Acara peresmian berlangsung di Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan.

Sekda Kukar, yang mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah, menekankan manfaat SPAM ini bagi kebutuhan domestik masyarakat. “Masyarakat perlu air minum berkualitas dengan harga terjangkau, yang tersedia selama 24 jam,” kata Sunggono.

Baca  Jaga Tradisi Ramadan di Kukar, Bupati Edi Resmikan Lomba Begeraan Sahur

Peningkatan kapasitas SPAM ini diperkirakan akan memberikan manfaat signifikan bagi 67.471 jiwa atau 45.840 Sambungan Rumah (SR). Pelayanan SPAM di Kecamatan Loa Janan saat ini mencakup 77,49 persen, meliputi delapan desa di wilayah tersebut.

“Akses air minum layak di Kabupaten Kukar sudah mencapai 91 persen pada tahun 2022. Target kita adalah 100 persen rumah tangga memiliki akses air minum layak,” Sunggono menambahkan.

Baca  445 Peserta Adu Bakat di Kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup Kukar 2023

PDAM Tirta Mahakam Kukar berperan besar dalam mewujudkan tujuan ini, bersama dengan Kelompok Masyarakat/Pengelola SPAM Berbasis Masyarakat untuk Air Minum Pedesaan.

Sunggono juga menyebutkan, bahwa di Kecamatan Loa Janan, layanan air bersih non-PDAM telah mencapai 2.490 jiwa, dengan persentase pelayanan sebesar 3,99 persen.

“Kabupaten Kukar sudah memiliki kelayakan yang tinggi dalam hal akses air minum. Tantangan kedepan adalah meningkatkan akses pada level aman. Untuk itu, kami masih membutuhkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kaltim,” ungkapnya.

Baca  Kebakaran Hebat Landa SMA Negeri 1 Muara Wis, Kerugian Capai Rp1,5 Miliar

Dalam peresmian ini juga turut hadir beberapa pejabat terkait, termasuk Direktur Utama PDAM Tirta Mahakam Suparno, Camat Loa Janan Muhaji, Sekretaris Perkim Aidil, dan Kepala Desa Loa Janan Ulu Supariyo. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button