Samarinda

Pemkot Segera Bentuk UPT Pemeliharaan Jalan dan Drainase, Ketua Komisi III Beri Dukungan 

Ketua Komisi III DPRD Samarinda Angkasa Jaya Djoerani. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Untuk merespons aduan dari masyarakat khususnya dalam pemeliharaan jalan dan drainase, membuat Pemkot Samarinda berencana membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) khusus. Wilayah kerjanya berada di bawah naungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda. 

Rencana ini pun mendapat dukungan dari Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani. Diakuinya selama ini memang banyak keluhan dari masyarakat yang menyangkut tentang sejumlah ruas jalan yang rusak. 

Baca  DPRD Samarinda Dorong Pembangunan Berkelanjutan dan Inklusif dalam LKPJ 2023

Termasuk beberapa drainase yang mengalami kedangkalan juga sering menjadi masukan masyarakat, terutama saat jadwal reses dewan. Tak heran mengetahui adanya rencana Pemkot Samarinda membentuk UPTD pemeliharaan jalan dan jembatan serta UPTD pemeliharaan drainase dan saluran irigasi, membuat Politikus PDI Perjuangan ini mendukung wacana tersebut. 

“Karena itu juga yang menjadi masukan kami, sebagai mitra pemerintahan, jadi itu sah-sah saja dan kami akan mendukung itu,” ujarnya.

Baca  Perbaikan Jalan Perum BCL Loa Bakung Mulai Direalisasikan, Warga Beri Apresiasi

Lantaran selama ini memang belum ada instansi khusus yang menangani permasalahan ini. Sehingga ia pun mengharapkan dengan instansi ini bisa lebih sigap merespons aduan masyarakat. 

“Ini menjadi terobosan dari Pemkot Samarinda untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan lebih cepat menanggapi sejumlah persoalan infrastruktur,” tuturnya. 

Selama ini ia mengakui dari Dinas PUPR Samarinda hanya bisa membangun infrastruktur, tanpa memikirkan pemeliharaanya. Dengan pembentukan UPTD tersebut, diharapkan anggaran untuk operasional dari Dinas PUPR Kota Samarinda bisa dipangkas untuk dialihkan ke UPTD tersebut. 

Baca  Pansu IV DPRD Samarinda Panggil BNN dan Dinkes, Atur Pencegahan Narkotika Lewat Raperda

“Karena selama ini instansi tersebut (Dinas PUPR) yang paling gendut anggarannya,” tutupnya.

[NFA-1 | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button