Kukar

Pemkab Kukar Luncurkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Independen

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, meluncurkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) sebagai unit yang independen. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, meluncurkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) sebagai unit yang independen. Pelantikan berlangsung di Kantor Bupati Kukar, Rabu (7/6/2023).

Sebelumnya, Damkar dan Penyelamatan merupakan bagian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah. “Dengan berdirinya Dinas Damkar dan Penyelamatan sendiri, diharapkan dapat lebih fokus dan lebih baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ungkap Bupati Edi.

Baca  Bupati Kukar Pimpin Senam dan Penanaman Pohon dalam Peringatan HKG PKK ke-51

Melihat tren kejadian bencana dan kebakaran pemukiman di Kukar, Bupati Edi menegaskan pentingnya Dinas Damkar melakukan sosialisasi secara intensif. “Dinas Damkar harus banyak sosialisasi untuk mengingatkan masyarakat agar waspada bencana,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Edi meminta Dinas Damkar melakukan pemetaan daerah-daerah rawan bencana. Dia menyampaikan bahwa rencana mitigasi bencana yang baik sangat dibutuhkan karena Kukar adalah daerah yang rawan banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan, serta kebakaran pemukiman.

Baca  DWP Kukar Gelar Tausiyah Jelang Ramadhan, Pererat Silaturahmi

“Mitigasi bencana ini perlu disusun dengan baik, karena Kukar rawan berbagai bencana,” tegasnya.

Seiring dengan peluncuran Dinas Damkar ini, posisi Kepala Dinas masih kosong. Bupati mengumumkan bahwa pihaknya telah merencanakan uji kompetensi dan seleksi terbuka. “Tunggu saja, sudah kita jadwalkan sejumlah tahapan untuk mencari Kepala Dinas Damkar ini,” ucap Bupati. (lin/adv)

Baca  Fokus Akuntabilitas Keuangan Daerah, Pemkab Ingatkan OPD Tindak Lanjuti LHP BPK RI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button