Kukar

Pemdes Muara Ritan Akan Bentuk Pokdarwis untuk Kembangkan Potensi Wisata Alam

Wisata Pulau yang ada di Desa Muara Ritan. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Ritan, Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara (Kukar), tengah fokus dalam pengembangan sektor wisata alam yang bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). 

Hal tersebut diucapkan langsung oleh Kepala Desa Muara Ritan, Ardy Maroni, menurutnya ada beberapa potensi yang dapat dikembangkan untuk menambah PADes. Salah satunya wisata air terjun dan pulau yang terdapat di tengah-tengah Sungai Belayan. 

Dirinya menilai pulau tersebut memiliki daya pikat yang kuat untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke wisata Pulau tersebut. 

“Yang menjadi daya tariknya itu pulau berada di tengah sungai. Apabila terjadi musim kemarau maka pulau itu akan muncul dan semua orang pasti berkumpul disitu untuk kemping dan mencari ikan, ” ujarnya. 

Baca  Dinas Perkebunan Kukar Luncurkan “Pekebun Online”, Optimalisasi Pelayanan bagi Stakeholder

Sedangkan untuk menuju lokasi pulau, nantinya para wisatawan diberikan fasilitas berupa ferry penyebrangan yang disediakan oleh desa. Dengan hanya membayar uang sebesar Rp5000 para wisatawan akan diantar pulang pergi (PP).  

Namun tidak jarang juga wisatawan menggunakan ferry penyebrangan untuk menuju pulau. Karena jikalau sungai mengalami penurunan debit air , pulau itu langsung dapat diseberangi dengan menggunakan kaki saja. 

“Kalau di momen libur besar itu bisa mencapai ribuan orang yang mendatangi Muara Ritan hanya sekedar untuk berlibur. Karena secara lokasi letaknya sangat strategis, didukung dengan beberapa desa yang juga mempunyai wisata unggulan, ” sebutnya. 

Baca  Agrowisata Gunung Kelapis Permai Terus Dikembangkan Pokdarwis Desa Jembayan 

Dia menambahkan, bahwa pengembangan potensi wisata alam juga telah menjadi program unggulan untuk Desa Muara Ritan. Disisi lain, pihak nya juga telah menyiapkan beberapa cara untuk menjadikan Muara Ritan sebagai Desa Wisata. Salah satunya dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

“Kita dorong pemudanya untuk aktif, sebab salah satu keberhasilan pembangunan itu harus ada peran pemuda. Dalam waktu dekat kami akan memberikan pelatihan kepada wirausahawan dan membentuk kelompok wirausaha, agar dapat fokus dalam pembangunan infrastruktur pendukung desa,” katanya.

Baca  Pemkab Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu, Upaya Lestarikan Bahasa Daerah Lewat Seni

Selanjutnya, beberapa potensi yang ada di Desa Muara Ritan bakal dikelola langsung oleh profesional oleh Pokdarwis berkolaborasi dengan BUMDes.

“Intinya semua usaha disitu harus disertai dengan BUMDes,  nanti kolaborasi dengan pemdes harus sinkron, ” tutupnya. 

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button