Kukar

Pemdes Kota Bangun III Akan Bangun Kolam Renang di Danau Kumbara

Danau Kumbara, Desa Kota Bangun III. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Desa Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Terus berupaya mengembangkan sektor wisata andalannya yakni Danau Kumbara, Bukit Sundul Langit, Wisata Edukasi AGM, Persawahan Sumedang dan Bukit Biru.  Kelima wisata tersebut dinilai berpotensi menjadi sumber perekonomian masyarakat sekitar. 

“Namun yang menjadi unggulan saat ini adalah Danau Kumbara,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Bangun III, Denni Ilham Pratama tidak lama ini.

Dia mengungkapkan, Danau Kumbara merupakan eks kolam tambang salah satu perusahaan batu bara yang pernah beroperasi di wilayah Desa Kota Bangun III. Lalu kolam eks tambang tersebut diserahkan kepada pemerintah desa, kemudian muncul lah ide untuk merubah Danau itu menjadi tempat destinasi baru. 

Baca  Pameran UMKM Meriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK Kukar Ke-52

Pada akhirnya, danau eks tambang tersebut diisi dengan berbagai ikan atau kelompok vertebrata. Diantaranya ikan mas, nila merah, patin dan ikan koi. Selain itu, Danau Kumbara juga disediakan beberapa fasilitas penunjang bagi wisatawan yang ingin berkunjung diantaranya gazebo yang dapat dijadikan tempat bersantai bagi pengunjung. 

“Nanti pengunjung yang datang dapat memberi pakan ikan yang ada disana, dengan harga biaya masuk dewasa Rp5000 dan untuk anak kecil tidak dipungut biaya,” sebutnya.

Baca  Pemkab Kutai Kartanegara Berupaya Maksimalkan Persiapan untuk Raih Piala Adipura 2023

Kemudian juga ada satu perusahaan yang beroperasi di wilayah Desa Kota Bangun III ikut berpartisipasi dalam membantu pengembangan wisata Danau Kumbara. Dimana perusahaan tersebut membantu beberapa bibit tanaman buah yang bisa ditanam disekitar Danau untuk mempercantik tempat tersebut. 

“Seperti tanaman jambu air dan jambu kristal. Sehingga, Danau Kumbara ini seperti agrowisata,” sebutnya.

Denni menyebutkan, Wisata yang dikembangkan pihak desa sudah memberikan manfaat bagi warga setempat, terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Disitu, para pelaku UMKM dapat mengais rejeki dengan berjualan berbagai macam makanan, baik itu makan ringan maupun berat. 

Baca  Wabup Rendi Solihin: Patung Bung Karno Bakal Berdiri di Kota Juang Sangasanga

“Pada dasarnya wisata ini sangat menjanjikan untuk masyarakat sekitar. Dalam waktu dekat juga akan ada kolam renang, otomatis kamu akan membuka lapangan kerja baru, ” tutupnya.

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button