Ragam

Pantai Panrita Lopi Jadi Andalan Liburan Akhir Tahun di Kukar

Editorialkaltim – Sudah punya rencana wisata kemana libur akhir tahun ini? Jika belum, Pantai Panrita Lopi bisa menjadi alternatif habiskan waktu bersama keluarga atau pun kerabat melewati pergantian tahun.

Pantai Panrita Lopi terletak di Kecamatan Muara Badak di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pantai ini merupakan salah satu lokasi wisata andalan di Kukar.

Pantai Panrita Lopi merupakan salah satu spot wisata pantai yang indah di Pulau Pengempang. Dengan jajaran pohon cemara dan pasir yang lembut, angin pantai yang sejuk dan deburan ombak yang tidak begitu besar, Pantai Panrita Lopi sangat nyaman dan aman untuk bermain air laut dipinggir pantai.

Indahnya sunset di waktu petang dan juga sunrise di pagi hari membuat Pantai Panrita Lopi sungguh memikat.

Lokasi Pantai Panrita Lopi berjarak 62 kilometer dari pusat Kota Samarinda dan dapat ditempuh dalam 1 jam perjalanan melalui moda transportasi darat. Telah disediakan lahan parkir, dan wisatawan akan diantarkan menuju Pantai Panrita Lopi dengan menggunakan kapal kayu. Jam operasional Pantai Panrita Lopi dibuka setiap Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Baca  Palestina Negeri Pilihan Allah SWT dengan 5 Keistimewaan Mengagumkan

Biaya penyeberangan sekaligus tiket masuk pantai sebesar Rp40 ribu untuk 1 orang dan Rp 50 ribu bagi yang menginap. Harga tiket Pantai Panrita Lopi termasuk fasilitas yang diberikan bagi pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara.

Area Camp Pantai Panritalop. (instagram/panritalopi_beach).

Tarif kunjungan untuk pulang hari (tidak menginap) untuk dewasa sebesar Rp40 ribu dan anak usia 1-8 tahun Rp25 ribu (termasuk tiket kapal PP). Untuk kegiatan camping permalam dikenakan tarif sebesar Rp50 ribu untuk dewasa dan Rp35 ribu untuk anak usia 1-8 tahun (termasuk tiket kapal PP). Untuk tambahan 1 malam pengunjung cukup menambah 35 ribu untuk uang pantai saja.

Baca  Bappeda Kukar Gelar Rakor Verifikasi Rancangan Kerja Perangkat Daerah 2024

Untuk kuliner menu makanan yang tersedia di Pantai Panrita Lopi adalah ayam lalapan dengan harga Rp30 ribu, ikan nila dan ikan mas seharga Rp40 ribu, nasi campur Rp25 ribu, nasi kuning telur Rp15 ribu, nasi kuning ayam Rp20 ribu, dan nasi putih 30 ribu/kg. Untuk menu makanan dapat pesan 4 hari sebelum hari H.

Untuk penyewaan tenda dikenakan tarif Rp100 ribu untuk tenda 2P, Rp120 ribu untuk tenda 4P, Rp150 ribu untuk tenda 6P, Rp 200 ribu untuk tenda 8P, Rp15-20 ribu untuk hammock, Rp15 ribu untuk tikar, dan Rp20 ribu untuk terpal ukuran (2x3m) serta Rp30 ribu untuk terpal ukuran (3x4m). Tarif tersebut untuk semua penyewaan terhitung per 1 malam.

Di Pantai Panrita Lopi terdapat 5 macam game permainan kelompok dan dikenakan tarif Rp100 ribu/orang. Game yang tersedia adalah balap karung estafet, tarik tambang, estafet kardus, balap pimpong, estafet air, pipa bocor, naga panjang, dan gambar tim. Peserta akan mendapatkan bonus, hadiah hiburan, dan air mineral botol tanggung/peserta.

Baca  Pemkab Kukar Siapkan Dana Bantu Legalitas 200 Rumah Ibadah 

Tarif parkir untuk bus besar Rp.50 ribu dan untuk mobil sebesar 10 ribu (tidak menginap). Sedangkan untuk camping dikenakan tarif Rp15 ribu dan untuk motor sebesar Rp5 ribu.

Di Pantai Panrita Lopi disediakan fasilitas fratis di pantai berupa gazebo dan (tidak bisa direservasi ) dan listrik untuk pengecasan (malam hari), kamar mandi, dan musholla. Penyeberangan khusus Pantai Panrita Lopi menyediakan layanan selama 24 jam.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button