Kukar

Muslik: Sektor Perikanan Maju, Lumbung Pangan Kaltim

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menggarap sektor perikanan sebagai sektor unggulan, yang tercatat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menggarap sektor perikanan sebagai sektor unggulan, yang tercatat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, Muslik, produktivitas sektor ini mencapai 200 ribu ton per tahun.

“Kukar ini bagian dari lumbung pangan Kaltim,” kata Muslik, Jumat (24/3/2023).

Baca  Latsitarda Nusantara ke-44 di Kukar, Bupati Edi Damansyah Sambut Para Peserta dengan Hangat

Bukan hanya memenuhi kebutuhan Kukar, sektor perikanan ini juga menyuplai 60 persen produksi perikanan Kalimantan Timur (Kaltim). Dengan potensi Sungai Mahakam, daerah hulu Mahakam menjadi pemasok besar sektor perikanan.

“Daerah hulu, seperti Kecamatan Kota Bangun dan Muara Kaman, merupakan sentra produksi ikan air tawar,” lanjut Muslik.

Produksi perikanan mencakup hasil perikanan dari Danau Jempang, Danau Semayang, dan Melintang. Ada juga Sungai Belayan di Tabang, dimana terdapat ikan tebelaq, ikan endemik berharga tinggi.

Baca  Kegiatan Bukber Meriah, Bupati Kukar Hadiri Ulang Tahun Dandim 0906/Kkr

“Ada ikan tebelaq di Sungai Belayan, memiliki nilai ekonomis tinggi,” tutur Muslik.

Enam kecamatan lainnya, termasuk Marangkayu dan Muara Badak, menjadi sentra perikanan hasil laut di Kukar. Pengembangan ini menunjukkan upaya Kukar untuk mendorong pertumbuhan sektor perikanan.

“Enam kecamatan ini adalah sentra perikanan laut,” penutup dari Muslik. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button