Samarinda

Masyarakat Mengaku Senang dengan Layanan MCS BPJS Kesehatan

Editorialkaltim.com – Kanal layanan bergerak dengan menggunakan kendaraan roda empat dari BPJS Kesehatan atau Mobile Customer Service (MCS) menjadi salah satu ujung tombak dalam memberikan layanan kepada peserta dengan turun langsung di tengah-tengah masyarakat.

Layanan MCS BPJS Kesehatan Kantor Cabang Samarinda menyambangi Puskesmas Loa Bakung Kota Samarinda Kamis (08/06),untuk memberikan pelayanan maupun memberikan informasi seputar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat yang memerlukan.

Nurhayati merupakan salah satu masyarakat yang mengunjungi layanan MCS. Kedatangannya bertujuan untuk mencari informasi tentang pendaftaran bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Ia mengaku senang dengan layanan yang diberikan karena tak perlu jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Lumayan jaraknya dari Loa Bakung untuk menuju ke kantor BPJS Kesehatan, paling tidak perlu waktu khusus untuk ke sana, dengan adanya pelayanan ini (MCS) kami masyarakat yang wilayah Kecamatan Loa Bakung sangat terbantu,” tutur Nurhayati.

Baca  Hemat Ratusa Juta, Seluruh Biaya Operasi Dijamin Program JKN

Ia mengaku sejak tahun 2018 dirinya hidup dan mencari nafkah sendiri, untuk itu Nurhayati sebagai warga Kota Samarinda mengharap dapat menjadi peserta JKN dari segmen PBI. Nurhayati menyadari menjadi peserta JKN sangat penting karena jika sakit tidak perlu khawatir memikirkan biaya lagi.

“Tadi sudah dijelaskan bahwa untuk menjadi peserta JKN yang gratis dapat melalui Dinas Sosial, karena saya merasa berat jika harus membayar sementara saya juga khawatir jika nanti sakit, biayanya dari mana,” ujarnya.

Setelah mendapat informasi melalui layanan MCS, Nurhayati merasa puas karena informasi yang ia peroleh langsung oleh pegawai BPJS Kesehatan.

“Kadang ada informasi-informasi yang banyak beredar di masyarakat dari katanya-katanya dan kebenarannya juga belum bisa dijamin, tapi jika informasi yang disampaikan langsung oleh petugas dari BPJS Kesehatan saya merasa mantap,” ucapnya dengan mantap.

Nurhayati menambahkan layanan MCS di Puskesmas Loa Bakung sangat strategis, karena banyak warga yang sedang berobat, sehingga jika terjadi kendala kepesertaan dapat langsung bertanya kepada petugas BPJS Kesehatan.

Baca  Tingkatkan Keaktifan Peserta JKN Kaltim Beri Syarat Ini

“Menurut saya pelayanan ini sangat membantu peserta yang aksesnya jauh dari Kantor BPJS Kesehatan, saya berharap layanan MCS dapat terus diberikan mengingat sekarang jumlah peserta JKN sudah semakin banyak,” tambahnya.

Di tempat berbeda, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Samarinda, Yerri Gerson Rumawak, mengungkapkan, kehadiran MCS akan semakin mendekatkan dan meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat. Diharapkan, masyarakat semakin mudah dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan Program JKN.

“Kami telah menjadwalkan dalam satu bulan aktivitas MCS dilakukan di berbagai tempat seperti kantor-kantor pemerintahan, puskesmas dan tempat-tempat publik lainnya,” ujar Gerson.

Dijelaskan Gerson, layanan yang dapat diberikan dalam MCS antara lain pemberian informasi, penyampaian pengaduan maupun pelayanan administrasi kepesertaan lainya, untuk segementasi peserta PBPU/Mandiri kelas III, PBI APBN, Penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah dan Pensiunan (BP) sebagaimana pelayanan tatap muka di Kantor Cabang Samarinda.

Baca  Optimalisasi Anggaran Pilkada Samarinda, Joha Fajal: Harus Tetap Berjalan Baik

“Bagi masyarakat yang datang ingin mendaftar di kelas I dan II, maka akan tetap dibantu dan dilayani oleh Petugas BPJS Kesehatan yaitu dengan pelayanan tanpa tatap muka yang dapat diakses melalui WhatApp maupun Aplikasi Mobile JKN,” jelasnya.

Gerson mengharapkan, peserta lebih perhatian terhadap status kepesertaan, karena jika status kepesertaannya tidak aktif maka tidak dapat digunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan. Untuk itu peserta dapat memanfaatkan kanal layanan CHIKA dan Aplikasi Mobile JKN.

“BPJS Kesehatan sangat menyarankan peserta dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN, karena hanya dengan satu aplikasi ini seluruh layanan yang ada di Kantor BPJS Kesehatan dapat diakses cukup dari rumah atau dari kantor saja, ayo kita manfaatkan untuk kemudahan layanan bagi peserta,” ajaknya. (AW/ej/lin)

Related Articles

Back to top button