Samarinda

Komisi IV DPRD Samarinda Dorong Sekolah Jadi Lingkungan Ramah Anak

Editorialkaltim.com – Selain sebagai lembaga pendidikan formal untuk belajar, sekolah juga dapat menjadi tempat bermain, berkreasi, dan bersosialisasi untuk membangun relasi yang baik antar sesama di lingkungan anak-anak. Inilah yang disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti, pada Rabu (08/02/2023).

Dia mendorong, agar setiap sekolah dijadikan sebagai rumah yang ramah bagi anak didik.

“Karena sekolah yang ramah anak, tentu akan menciptakan suasana yang nyaman dapat memperlancar proses belajar mengajar, anak-anak tidak minder karena lingkungan. Jika lingkungan baik tentu kualitas pendidikan juga semakin meningkat,” terang Puji.

Baca  Novan Dorong Pembentukan Perda Pencegahan Kebakaran

Dia meyakini, pola komunikasi antara guru dan murid juga sangat berpengaruh untuk membangun sikap dan karakter anak di sekolah. Semua guru harus ramah dalam berkomunikasi dengan siswa didik.

“Kami harapkan juga semua guru harus ramah dalam berkomunikasi dengan siswa didik, terutama juga bagi orang tua siswa harus mendidik anaknya berkomunikasi dengan baik sopan sehingga ketika berada di sekolah sikap dan karakternya akan mengikuti,” terangnya.

Baca  Pengendalian Banjir Tak Maksimal, Jasno Kritisi Pengupasan Lahan Ilegal 

Selain itu, dia menilai, sekolah harus menjadi pilar kebersihan dan kesehatan. Ini penting, agar dapat menumbuhkan rasa peduli anak didik terhadap lingkungan dan malu ketika membuang sampah sembarangan.

“Ke depan kita perlu mencetak generasi yang cinta terhadap lingkungannya, dan sebagai pengerak pencinta lingkungan di masa mendatang,” pungkasnya.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button