Bontang

Komisi III DPRD Bontang Tinjau Lokasi Longsor di Kelurahan Gunung Elai

Komisi III DPRD Samarinda saat meninjau lokasi tanah longsor di Kelurahan Gunung Elai. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Komisi III DPRD Bontang tinjau lokasi tanah longsor di Kelurahan Gunung Elai, Senin (22/3/2023). Kejadian tersebut terjadi sejak Februari lalu karena hujan deras. Akibatnya, terdapat lima bangunan terdampak. Diantaranya, gereja, training center, supermarket, dan eks Halal Bank.

“Ini karena drainase yang di depan eks halal square itu buntu akibatnya air yang seharusnya mengalir melalui drainase alhasil air justru mengalir ke belakang gedung. Sekarang ini juga masyarakat sudah diimbau untuk mengurangi kegiatan di dekat area yang longsor,” ungkap Pemerhati Lingkungan Hidup dan K3, Bahtiar Effendi.

Baca  Progres Perbaikan Drainase Ahmad Yani Dinilai Lamban, Amir Tosina Bakal Tinjau Lokasi

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Bontang, Faisal meminta pemerintah untuk segera menindaklanjuti pasalnya jika dibiarkan maka akan berakibat fatal bagi masyarakat yang bangunannya terdampak.

“Pokoknya dinas terkait ini harus cepat mengambil tindakan dalam hal ini Dinas PUPRK karena ini urgent,” ujarnya.

Dikonfirmasi di lokasi yang sama, Ahli Muda Jabatan Fungsional Pengelola Sumber Daya Air PUPR Bontang  Bambang Permadi menyebutkan pihaknya bakal mengajukan usulan penganggaran di APBD perubahan.

Baca  Malahing Raih Juara III Desa Wisata, Andi Faiz: Sarpras Harus Lebih Ditingkatkan

“Nanti akan kita upayakan di perubahan rencana  pengerjaannya swakelola,” ucapnya.

Diketahui, Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (Pansus LKPJ) APBD 2022 DPRD Bontang telah melakukan kunjungan lapangan untuk pembangunan turap sungai di wilayah Gunung Elai, pada Sabtu (8/4/2023). Dalam kunjungan tersebut ditemukan titik longsor di lokasi antara jembatan dan lokasi turap yang sudah existing atau bracing.

Baca  DPRD Bontang Dukung Pemkot Lengkapi Sarpras Sekolah Wilayah Pesisir

Pansus LPKJ yang merupakan 9 anggota DPRD Bontang yang turun ke lokasi meminta kepada kontraktor untuk segera memperbaiki lokasi longsor dimaksud.

[LIA | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button