Kaltim

Humas KPID Kaltim Hadiri Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM di UMKT

Humas KPID Kaltim saat hadiri workshop MBKM dan OBE Prodi PBI di UMKT, pada Kamis (9/3/2023).

Editorialkaltim.com – Humas Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Timur (Kaltim) menghadiri Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Outcome-Based Education (OBE) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) pada Kamis (9/3/2023).

Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). Ketua Prodi PBI UMKT, Khusnul Khatimah mengatakan, dalam pengembangan kurikulum, masukan dari stakeholder sangat dibutuhkan, salah satunya adalah KPID Kaltim.

Baca  KPID Kaltim dan Bawaslu Sepakat Lakukan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

“Para stakeholder memainkan peran penting dalam pengembangan kurikulum. Dengan demikian, mereka dapat memberikan pendapat yang sesuai dengan bidangnya masing-masing,” jelas Khusnul.

Humas KPID Kaltim, Annisa A’yun menyambut baik inisiatif UMKT untuk melibatkan stakeholder dalam pengembangan kurikulum. Dia mengatakan, UMKT telah melakukan MoU dengan KPID Kaltim pada akhir 2022 dan banyak hal yang bisa dikolaborasikan kedepannya.

Baca  Pemprov Kaltim Targetkan Bangun 504 Rumah Layak Huni di 2024

“Semoga melalui workshop ini, Prodi PBI UMKT dan KPID Kaltim dapat bekerja sama untuk mengembangkan kurikulum yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Annisa.

Untuk informasi, kurikulum MBKM dan OBE merupakan dua program yang sedang gencar dicanangkan oleh Kemendikbud. Kurikulum MBKM bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 dengan memperkuat sisi kreativitas dan inovasi.

Baca  KPID Kaltim Sambangi Diskominfo Bontang, Jalin Kerjasama Literasi Media

Sementara OBE menekankan pada hasil belajar atau outcome, di mana setiap mata kuliah harus memiliki tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik. Dengan mengembangkan kurikulum sesuai dengan MBKM dan OBE, diharapkan UMKT dapat melahirkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan.

[HMS | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button