InternasionalRagam

Jam Sekolah Lebih Siang: Ini 7 Alasan Mengapa Finlandia Punya Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Ilustrasi guru dan murid. (Foto: Pexels/Max Fischer).

Editorialkaltim.com – Finlandia telah membangun sistem pendidikan yang menjadi sorotan dunia sejak tahun 1970-an. Sistem pendidikan Finlandia menjadi salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia dengan kualitas dan efektivitasnya yang telah diakui secara global.

Sejak saat itu, banyak negara dan organisasi internasional mulai menaruh perhatian pada metode pembelajaran Finlandia, yang memberikan kebebasan kepada siswa dan menempatkan guru dalam posisi sentral dalam proses pembelajaran.

Berikut adalah 7 alasan mengapa pendidikan Finlandia dianggap sebagai yang terbaik di dunia, berdasarkan hasil penelitian.

1. Tidak Ada Ujian Nasional

Salah satu faktor utama yang membedakan sistem pendidikan Finlandia adalah tidak adanya ujian nasional untuk siswa. Sebaliknya, siswa dievaluasi dengan metode yang lebih holistik, seperti pengamatan guru, tugas-tugas proyek, dan penilaian keterampilan praktis.

Ini memungkinkan para guru untuk memperhatikan keterampilan sosial, kecerdasan emosional, dan kemampuan bahasa, selain hanya nilai akademik siswa.

Hal ini pun didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh PISA (Program for International Student Assessment) menemukan, bahwa sistem evaluasi Finlandia yang tidak mengandalkan tes standar nasional membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan berfokus pada pengembangan keterampilan siswa.

Baca  KPID Kaltim Beri Masukan Soal Raperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

2. Jam Sekolah Dimulai Lebih Siang

Di Finlandia, sekolah dimulai lebih siang, yaitu sekitar pukul 9.00 pagi. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa remaja cenderung tidur lebih lama pada malam hari dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Health menemukan, bahwa memulai jam sekolah lebih awal dapat menyebabkan kurang tidur dan penurunan kinerja akademik pada remaja.

3. Suasana Belajar Lebih Santai

Suasana belajar di Finlandia lebih santai dan kurang terfokus pada tes dan penilaian. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa tekanan akademik yang berlebihan dapat menyebabkan stres dan kecemasan pada siswa. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Educational Psychology menemukan, mempromosikan motivasi intrinsik pada siswa dan meminimalkan tekanan eksternal dapat meningkatkan prestasi akademik dan kepuasan siswa.

Baca  Sejarah, Yordania Tembus Final Piala Asia 2023 Usai Bekuk Korsel 2-0

4. Guru Wajib Memiliki Gelar Master

Setiap guru di Finlandia wajib memiliki gelar master di bidang pendidikan atau subjek yang mereka ajarkan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Teachers and Teaching: Theory and Practice menemukan bahwa guru yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung memberikan pengajaran yang lebih baik dan menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa.

5. Mulai Sekolah di Usia 7 Tahun

Siswa di Finlandia mulai sekolah pada usia 7 tahun. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa memulai sekolah terlalu dini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan emosional anak-anak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Early Childhood Research Quarterly menemukan bahwa memulai pendidikan formal pada usia yang lebih tua dapat membantu mempromosikan perkembangan sosial dan emosional yang lebih baik pada anak-anak.

6. Jarang Ada PR di Finlandia

Jarang sekali terdapat PR (Pekerjaan Rumah) yang diberikan oleh guru kepada siswa. Mereka percaya bahwa siswa membutuhkan waktu untuk bersantai dan melakukan kegiatan lain setelah sekolah, seperti bermain dengan teman-teman atau berpartisipasi dalam kegiatan olahraga.

Baca  Komisi X DPR Bentuk Panja Biaya Pendidikan, Respon Tingginya Keluhan Masyarakat

7. Kebijakan Pendidikan Harus Berdasarkan Hasil Penelitian

Sistem pendidikan di Finlandia didasarkan pada hasil penelitian dan bukan pada spekulasi atau asumsi. Negara ini memiliki banyak program penelitian yang terus menerus dilakukan untuk memastikan bahwa sistem pendidikan terus ditingkatkan dan berkualitas tinggi. Pemerintah Finlandia terus melakukan penelitian dan evaluasi terhadap sistem pendidikan mereka untuk memastikan bahwa mereka terus memperbaiki dan mengembangkan pendidikan di negara mereka.

Kesimpulannya, pendidikan Finlandia adalah sistem pendidikan yang sangat efektif karena memberikan fokus pada siswa, dengan suasana belajar yang santai dan kebijakan yang berdasarkan hasil penelitian. Hal ini membantu siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang sukses.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button