Samarinda

Hadiri Musrenbang Kota, Subandi Harap Usulan Masyarakat Diutamakan

Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi saat menghadiri Musrembang Kota Samarinda. (Istimewa).jpeg

Editorialkaltim.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Samarinda untuk 2024 baru saja digelar, di Hotel Mercure, Selasa (14/3/2023). Agenda ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi.

Dalam arahannya, dia mengatakan pembahasan ini sangat penting lantaran memuat sejumlah usulan masyarakat. Sebab musrenbang ini sebelumnya telah dibahas dari tingkat kelurahan, kecamatan dan puncaknya di tingkat kota.

Termasuk usulan dari reses dewan yang berbentuk pokok pikiran (pokir) juga dimasukkan dalam perencanaan ini. Sehingga Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap nantinya perencanaan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Baca  Pemkot Telat Berikan KUA-PPAS, Samri: Jadi Sebab Hambat Pembangunan Kota

“Kami berharap apapun yang dirumuskan dari bawah RT, kelurahan, kecamatan itu dapat konsisten untuk dipertahankan, apalagi yang menyentuh langsung kepada masyarakat,” ujar Subandi.

Perwakilan daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Sungai Kunjang ini mengakui musrenbang menjadi salah satu rangkaian dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Tak heran urutannya harus dimulai dari tingkat bahwa kelurahan. Sehingga dia pun berharap, perencanaan ini harusnya setiap tahun benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya pendidikan, kebutuhan air bersih hingga penanganan banjir.

Baca  DPRD Samarinda Respons Aspirasi Pedagang Pasar Pagi, Laila Fatihah Janji Koordinasi dengan Pemkot

“Karena masyarakat masih mengeluhkan ini. Berharap dalam penyusunan kali ini lebih pemerataannya jangan sampai ada ketimpangan pembangunan,” jelasnya.

Dia mengakui dari Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Wakilnya Rusmadi juga memiliki program prioritas tersendiri. Namun, dia meminta agar kebutuhan masyarakat diutamakan untuk penggunaan APBD Samarinda.

Baca  Marak Bisnis Thrifting di Samarinda, Fahruddin Koordinasikan Regulasi dengan Disdag

“Salah satunya proyek terowongan itu kan memang menjadi program prioritas, tapi jangan sampai mengorbankan kebutuhan dasar masyarakat dalam penyusunan RKPD,” tutupnya.

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button