Samarinda

Dukung Revitalisasi Pasar Kemuning, Fuad Pastikan Proses Pembebasan Lahan Mulai Berjalan

Ketua Komisi II DPRD Samarinda, Fuad Fakhrudin. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Keberadaan Pasar Kemuning, Loa Bakung kini semakin sesak dengan banyaknya para pedagang berjualan di luar area pasar. Tak jarang di kawasan itu juga sering terendam banjir saat hujan lebat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda sejak tahun lalu berencana untuk melakukan normalisasi di sungai yang berada di belakang Pasar Kemuning. Kegiatan ini pun turut dipantau oleh Ketua Komisi II DPRD Samarinda, Fuad Fakhrudin.

Dia mengakui, saat ini kendalanya adalah pembebasan lahan, sebab alat kesulitan masuk lantaran masih ada beberapa rumah warga di belakang pasar tersebut. Sehingga pada 2022 lalu, Wali Kota Samarinda, Andi Harun sudah meninjau lokasi ini untuk memastikan warga di kawasan itu mau bekerja sama mendukung langkah Pemkot.

Baca  Sri Puji Astuti Hadiri Konfercab GOPTKI, Optimis Program Penuntasan 1 Tahun Pra-SD Bisa Terwujud

“Sekarang kan kendalanya terkait lahan, saya pernah ikut di dalam kunjungan pak wali kota ketika itu beliau sempat mengunjungi di salah satu tempat atau tanah yang memang berdekatan dengan pasar,” ujar Fuad.

Meski dia belum mengetahui informasi kelanjutannya, namun dia memastikan Pemkot Samarinda sudah berupaya untuk melakukan negosiasi. Sehingga ia memprediksikan seharusnya pembebasan lahan bisa dikerjakan tahun ini.

Baca  Subandi Optimis Partisipasi Pemilih di Samarinda Meningkat

“Yang jelas kalau saya dengar ketika itu memang akan diadakan normalisasi sungai, karena keluhan masyarakat masih terjadi banjir atau genangan di wilayah pasar itu,” ungkapnya.

Sehingga Politikus Partai Gerindra ini pun sangat mendukung rencana Pemkot Samarinda untuk melakukan revitalisasi Pasar Kemuning yang sering tergenang banjir. Hanya saja memang permasalahannya harus dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu, untuk melancarkan kegiatan normalisasi di sungai belakang pasar tersebut.

Baca  Deni Hakim Anwar Dukung Program Orangtua Asuh untuk Tekan Angka Kemiskinan di Samarinda

“Dalam beberapa bulan terakhir ini, sudah ada upaya untuk pemkot menertibkan, termasuk pedagang yang seharusnya bisa dimasukkan ke dalam pasar agar tidak menimbulkan kemacetan,” demikian Fuad.

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus menginstal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button