Samarinda

Ketua Komisi III DPRD Samarinda Minta Pemkot Perhatikan Peningkatan Volume Sampah di Hari Raya

Ketua Komis III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoraeni. (qon/editorialkaltim.com)

Editorialkaltim.com – Di balik perayaan kemenangan hari raya yang lebih meriah dibanding dua tahun belakangan karena terbatas Covid-19, ada lonjakan volume sampah yang perlu diantisipasi Pemerintah Kota Samarinda.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komis III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoraeni meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiapkan segala aspek untuk mengantisipasi volume meningkatnya sampah di Hari Raya Idulfitri. Dirinya mendorong DLH harus mampu menyiapkan segala aspek mulai dari armada, petugas, hingga sistem kerjanya.

“Kami sudah berikan beberapa masukan ke DLH untuk menanggulangi volume sampah yang meningkat,” ucapnya.

Baca  Sportaculinare Festival Resmi Dibuka, Deni Hakim Berikan Apresiasi 

Menurutnya, meski banyak persentase warga Samarinda adalah kaum urban yang akan mudik alias bepergian ke kampung halaman meninggalkan kota pada waktu libur hari raya nanti. Akan tetapi berkaca dari tahun tahun sebelumnya produksi sampah jelang, saat, dan pasca hari raya tetap saja meningkat.

“Libur kerja dan naiknya jumlah konsumsi pangan saat lebaran. Adalah 2 faktor kenapa produksi sampah selalu naik saat hari besar umat Islam tersebut. Pada Idul Fitri tahun lalu misalnya, peningkatannya mencapai 30 persen setiap harinya. Kondisinya bisa lebih buruk karena jumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sudah berkurang,” jelasnya.

Baca  Menuju Sekolah Aman Bencana: Samarinda Merancang Peraturan Daerah Baru

Politisi PDIP mengutarakan, armada pengangkut sampah dari TPS ke TPU beserta personilnya memegang peranan sentral dalam mengurai peningkatan volume sampah di Samarinda. Dirinya berharap peran maksimal dari DLH agar tidak terjadi penumpukan limbah di perkotaan, seperti yang terjadi tahun lalu.

“Seminggu sebelum Lebaran semuanya harus dipersiapkan,” tegasnya.

Angkasa menambahkan, berbagai saran yang disampaikan DPRD Samarinda sebenarnya relevan dengan keinginan Wali Kota Andi Harun yang menginginkan estetika Kota Samarinda menjadi semakin baik.

Baca  DPRD Minta Pemkot Prioritaskan Penanganan Banjir di Samarinda

“Hal ini harus diminimalisir meski saat ini tidak ada lagi TPS di tepi jalan raya. Citra kota bersih yang digadang-gadang pun bisa runtuh seketika kalau penanganan sampahnya tidak maksimal. Bagi masyarakat, tentu bersihnya lingkungan membuat suasana hari raya jadi tambah nyaman,” tutup Angkasa.

[QON | NON | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button