Kukar

Dinas Kominfo Kukar Dorong Digitalisasi Pemerintahan Lewat Sosialisasi dan Simulasi Tanda Tangan Elektronik

Bidang Teknologi dan Informatika (TIK) Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Kartanegara (Kukar) baru-baru ini mengadakan kegiatan sosialisasi dan simulasi pemanfaatan Sertifikat Elektronik untuk Tanda Tangan Elektronik (TTE). (istimewa).

Editorialkaltim.com – Bidang Teknologi dan Informatika (TIK) Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Kartanegara (Kukar) baru-baru ini mengadakan kegiatan sosialisasi dan simulasi pemanfaatan Sertifikat Elektronik untuk Tanda Tangan Elektronik (TTE). Kegiatan ini dihelat di Ruang Rapat Kantor Camat Tenggarong, dengan tujuan utama untuk mendorong peningkatan tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Selasa (7/3/2023)

Kasi Persandian, Sofyan Agus, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, “Kegiatan ini bertujuan memantapkan implementasi TTE di lingkup Pemda Kukar.” Menurutnya, ini adalah langkah awal yang akan diikuti oleh kegiatan serupa di semua kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca  Kutai Kartanegara Dorong Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Sementara itu, Kepala Bidang TIK, Ery Hariyono, berpendapat bahwa upaya ini penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Sosialisasi dan implementasi TTE sangat diperlukan,” ujarnya, menambahkan bahwa banyak operator dan admin yang masih belum memahami sepenuhnya pemanfaatan sertifikat elektronik.

Hariyono juga berharap bahwa setelah sosialisasi dan simulasi ini, semua pejabat di kecamatan, kelurahan, dan desa bisa memanfaatkan TTE. “Semua pejabat harus bisa menggunakan aplikasi TTE,” tegas Hariyono, menunjukkan harapannya untuk adopsi teknologi ini di semua tingkatan pemerintahan.

Baca  Bupati Kukar Keluarkan Surat Edaran Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023

Materi yang dibahas dalam kegiatan ini mencakup pemanfaatan Sertifikat Elektronik dan kaitannya dengan Tanda Tangan Elektronik, penggunaan QR Code, syarat dan ketentuan dokumen yang menggunakan sertifikat elektronik, serta cara membuat dan menyimpan dokumen yang telah diberi tanda tangan elektronik.

Inisiatif ini menggarisbawahi komitmen Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar dalam mendorong digitalisasi dalam pemerintahan. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam tata kelola pemerintahan, serta memaksimalkan pelayanan publik.

Baca  Program Beasiswa Kukar Idaman Siap Dibuka April 2023

Menyambut era digital dalam tata kelola pemerintahan, Kukar telah mengambil langkah awal yang penting melalui kegiatan ini. Sosialisasi dan simulasi ini adalah fondasi awal bagi transformasi digital pemerintahan yang diharapkan dapat membawa perubahan signifikan bagi pelayanan publik di masa mendatang.

[ LIN | ADV ]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button