Samarinda

Dewan Minta Pemkot Samarinda Sediakan WiFi Gratis Lewat Probebaya

Anggota DPRD Samarinda Fraksi PKS, Nursobah. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Probebaya adalah salah satu program unggulan Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Wakil Wali Kota, Rusmadi untuk mewujudkan visinya, yakni Samarinda Kota Peradaban. Program ini dibentuk demi mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berbasis kewilayahan. Dengan begitu, kebutuhan masyarakat Kota Tepian dapat terjawab dengan merata.

Melalui program ini, pembangunan berbasis fisik, sosial, kesehatan, pendidikan dan sektor pemberdayaan ekonomi dapat dirasakan oleh warga di setiap kelurahan dengan dana yang digelontorkan oleh Pemkot, yakni Rp100 juta setiap RT.

Baca  DPRD Samarinda Soroti Penyerapan Anggaran Dinas Kesehatan dan Tingginya Angka Stunting

Langkah Pemkot Kota Tepian ini mengundang perhatian Anggota Komisi I DPRD Samarinda, Nursobah. Dia mengusulkan agar program Probebaya juga memperhatikan sektor pembangunan yang difokuskan pada akses sarana dan prasaran jaringan internet di setiap RT hingga kelurahan.

“Ini perlu disediakan, karena menuju kota yang maju tak lepas dari penyediaan fasilitas akses internet yang memadai dan gratis. Hal ini juga akan menguntungkan Pemkot, misalkan diterapkannya metode pembayaran e-parking atau transaksi menggunakan QRIS” tuturnya.

Baca  Anhar Angkat Bicara Soal Pengesahan Raperda RTRW Samarinda

Selain itu, peningkatan aksesibilitas dan kualitas internet akan mendukung pengembangan ekonomi digital masyarakat. Optimalisasi di bidang seni budaya, pertanian, dan kerajinan yang selama ini didominasi rakyat kecil justru perlu diperkuat dengan menggunakan teknologi digital.

“Apalagi sekarang ini usaha masyarakat banyak yang berbasis online,” ungkapnya.

Nursobah mengungkapkan, penyediaan fasilitas akses internet yang memadai dan gratis dapat mengundang wisatawan. Sebab, akses internet yang cepat memudahkan wisatawan domestik dan dunia bekunjung ke Kota Tepian.

Baca  Dewan Minta Perumdam Tirta Kencana Berbenah

“Wisata sungainya diminita, karena jaringan wifi-nya tetap full meski di Sungai yang besar dan lebar. Juga bisa dijadikan rujukan utama sebagai tempat tinggal terbaik penyangga ibukota karena fasilitas IT-nya yang bebas akses,” pungkas Nursobah.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button