EditorialSamarinda

Lailah Fatihah Dorong Anak Muda Terus Berkarya di Industri Kreatif

Anggota DPRD Samarinda, Laila Fatihah. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Bertambahnya pertumbuhan penduduk, yang diiringi perkembangan industri kreatif membuat setiap pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dituntut untuk terus membuat sebuah inovasi dalam menjalankan setiap usaha yang dilakoninya.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Samarinda, Laila Fatihah saat ditemui awak media baru-baru ini. Laila mengungkapkan, pengembangan ekonomi kreatif bagi setiap UMKM perlu didorong sebagai sektor yang patut untuk diapresiasi dalam karyanya.

“Salah satunya misal fashion show dan klinik kecantikan yang juga geliatnya semakin marak kan kita lihat di Samarinda,” ujarya.

Baca  PKS Bersih Bersih Dewan Basuki Rahmat

Dia menilai, fashion show dan klinik kecantikan bisa menjadi salah satu opsi untuk bersaing didunia industri kreatif.

Bukan tanpa sebab, legislator yang menyukai dunia fashion ini, pernah menjadi juri pada kegiatan fashion show di salah satu mal di Samarinda. Dia melihat begitu banyak peluang yang bisa ditangkap bagi pelaku UMKM.

Dia menambahkan,pada kegiatan fashion show tersebut, terdapat beberapa produk kreatif seperti busana, kriya, kemudian klinik kecantikan, kosmetik, dan juga salon-salon kecantikan. Yang ikut berpartisipasi melaksanakan pameran dibalut kegiatan fashion show.

“Hal lain juga menjadi penting untuk didorong, adalah gelar anak-anak muda yang punya bakat di bidang model terutama muslimah bisa menggairahkan kegiatan tersebut sebagai kegiatan yang positif,” terangnya.

Baca  Dewan Samarinda Bakal Pantau Kinerja Satpol PP

Dia juga menjelaskan, pandemi membuat masyarakat saat ini semakin peduli terhadap agenda-agenda keberlanjutan. Seperti keberlanjutan lingkungan, keberlanjutan budaya, dan juga ekonomi yang kreatif.

Kegiatan pameran produk-produk kreatif tersebut, lanjutnya, lebih sering dilaksanakan di Samarinda karena ini bisa memacu semangat para pelaku UKM dibidang ekonomi kreatif untuk menonjolkan produk-produknya.

Namun demikian, ekonomi kreatif memiliki banyak ragam yang bisa menjadi potensi untuk berkembang. Seperti produk makanan, dan videografi, fotografi,kriya, fashion, termasuk karya desain dan lainnya.

Baca  Prihatin Kondisi Bangunan SD 20 Samarinda, Joni: Butuh Perbaikan Total

“Kami sangat mendukung kegiatan ekonomi kreatif, yang keberadaannya dalam bentuk pameran, ekspo, pelatihan mutu, dan program lainnya. Hal ini dapat memacu peningkatannya,” tandasnya.

[SYM | NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button