Kukar

D’Bagindas Ramaikan Pembukaan Sebulu Festival 

Penampilan band D’Bagindas di Sebulu Festival. (Editorial).

Editorialkaltim.com – Festival Sebelu 2023 remis bergulir. Pembukaan tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin, di Desa Sebulu Modern, Lapangan Bola Sutardi, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kukar, Minggu (7/5/2023). 

Peresmian tersebut ditandai dengan sebuah penampilan salah satu band terkenal di Indonesia asal kota Jakarta. Yaitu Band D’Bagindas.  Dalam penampilannya, vokalis yang bernama Bian tersebut berhasil menghipnotis ribuan masyarakat Sebulu dengan tembang lagu andalannya yang berjudul Empat Mata, C.I.N.T.A dan Suka Sama Kamu dan lain-lain. Sehingga masyarakat ikut bernyanyi bersama. 

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, mengatakan, pelaksanaan Sebulu Festival tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya (2022). Dan ini merupakan salah satu janji yang telah ditepati oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). 

Baca  Bupati Kukar Mendorong BUMDes untuk Memaksimalkan Potensi Desa

“Tahun lalu sempat kami janjikan bersama bapak bupati bahwa Sebulu Festival 2023 akan lebih meriah. Dan tahun ini kami janjikan lagi 2024 akan lebih meriah lagi,” ucap Rendi. 

Dia menyebutkan, dengan adanya kegiatan semacam ini tentunya bisa memberikan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar.  Sejak covid-19 angka inflasi mengalami kenaikan, khususnya wilayah Kukar. Untuk itu, dengan adanya Festival Sebelu tentunya memberikan multiplier efek terhadap geliat perekonomian. 

Baca  Pemkab Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu, Upaya Lestarikan Bahasa Daerah Lewat Seni

“Kami meyakini ini salah satu langkah menekan angka inflasi yang terjadi. Karena Perputaran uang di kecamatan Sebulu ketika event dilaksanakan dengan meriah dan besar pasti akan membawa banyak pengunjung ketika pengunjung datang ke sebulu otomatis dia berbelanja untuk masyarakat sebulu, “ujarnya. 

“Contohnya seperti ini, disini kan ada 40 stand expo misalnya satu hari itu satu stand  menghasilkan Rp1 juta, kalau dikalikan 40 stand itu bisa mencapai Rp40 juta perputaran uang setiap harinya disini, dan kegiatan ini berlangsung selama 10 hari bisa menembus setengah miliar perputarannya, ” sambungnya lagi. 

Baca  Perayaan Maulid Nabi di Kukar,  Momen Kebersamaan dan Kekuatan Spiritual

Tentunya ini bukan angka kecil bagi pelaku UMKM. Lebih lanjut, Rendi mengatakan, bahwa ini merupakan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyasar para pelaku UMKM dalam setiap kegiatan yang berhubungan kemasyarakatan. 

“Kita diminta harus konsentrasi menumbuhkan UMKM di seluruh pelosok daerah kita. Agar UMKM dapat tumbuh dengan maksimal. Kami sudah sediakan tempat untuk mereka mempromosikan produknya salah satunya di K3F,” pungkasnya. (tri/nfa/adv)

Related Articles

Back to top button