Kukar

Ikanku Lestari, Program DKP Kukar Jaga Budidaya Ikan di Hulu

Kepala DKP Kukar, Muslik. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Demi menjaga Sumber Daya Ikan (SDI) dari tindakan illegal fishing oleh oknum tak bertanggung jawab. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Kartanegara (Kukar) terus fokus mengendalikannya dengan Program Ikanku Lestari. Yang dilakukan dengan sosialisasi terhadap pengendalian alat tangkap ilegal yang terus bertambah, khususnya di wilayah perairan tawar di hulu.

Kepala DKP Kukar, Muslik mengatakan, program ini perlu digalakkan dan terus menjadi perhatian. Terutama untuk menjaga berkurangnya tempat ikan berkembang biak yang tidak bertambah. Namun masih banyaknya oknum yang menggunakan alat pancing ilegal dan destruktif. Untuk itu, Muslik pastikan program ini akan terus bergulir seiring dengan pembinaan dan fasilitasi bantuan.

Baca  Sediakan 430 Jenis Layanan Publik, MPP Kukar Ramai Dikunjungi Masyarakat 

“Kami lakukan pembinaan berbasis kelompok yang dinamakan KUB (Kelompok Usaha Bersama), Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan), dan Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas). Itu yang kita gandeng untuk melakukan pembinaan. Mereka juga yang bertugas menyampaikan laporan illegal fishing kepada aparat hukum setempat.

Melalui kelompok yang terlibat dalam program Ikanku Lestari. DKP Kukar juga mensosialisasikan aturan perundang-undangan yang mengatur ilegal fishing untuk dipahami masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memahami larangan illegal fishing ini. Juga memberi pemahaman terhadap revitalisasi suaka perikanan untuk menjaga kelestarian SDI.

Baca  Diskominfo Kukar Hadiri Rakor RKPD, Tinjau Realisasi dan Rencanakan Pengadaan Tower Repeater

“Ikan ini kan sumber daya yang dapat diperbarui. Tetapi manakala eksploitasinya itu lebih besar daripada kemampuan reproduksinya. Lama-kelamaan akan habis, maka dari itu kita berikan status gejala penangkapan berlebihan,” tutup Muslik. (tri/nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button