Nasional

Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar: Tema Hari Pendidikan Nasional 2023

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023: Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar (foto: nusantaramails.com).

Editorialkaltim.com – Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pendidikan dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei, yang merupakan hari ulang tahun Ki Hajar Dewantara.

Dalam peringatan Hardiknas, pemerintah biasanya menetapkan tema, logo, dan pedoman upacara bendera yang berkaitan dengan isu-isu pendidikan terkini.

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023

Dilansir dari detik.com dan kompas.com, Selasa (02/05/2023), tema Hardiknas 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Tema ini menggambarkan semangat pemerintah untuk mendorong perubahan paradigma pendidikan di Indonesia dari yang sentralistik menjadi desentralistik, dari yang rigid menjadi fleksibel, dan dari yang homogen menjadi heterogen. Tema ini juga sejalan dengan program Merdeka Belajar yang telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sejak 2019.

Baca  DPR Minta Honorer 5 Tahun Kerja Harus Diangkat PPPK Tanpa Tes

Merdeka Belajar adalah sebuah konsep pendidikan yang memberikan kebebasan dan kewenangan kepada para pelaku pendidikan untuk menentukan cara belajar yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, dan minat mereka. Merdeka Belajar juga menghapus berbagai hambatan dan aturan yang menghambat kreativitas dan inovasi dalam dunia pendidikan. Merdeka Belajar bertujuan untuk menciptakan generasi Indonesia yang cerdas, berkarakter, dan berdaya saing di era global.

Baca  Refleksi Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

Dalam rangka peringatan Hardiknas 2023, Kemendikbud Ristek juga menetapkan bulan Mei 2023 sebagai bulan Merdeka Belajar. Selama bulan ini, akan dilaksanakan berbagai kegiatan dan program yang mendukung implementasi Merdeka Belajar di seluruh jenjang dan satuan pendidikan di Indonesia.

Kesimpulan

Hardiknas 2023 adalah momentum untuk merayakan pencapaian-pencapaian dunia pendidikan Indonesia sekaligus untuk mendorong perubahan-perubahan positif dalam rangka mewujudkan Merdeka Belajar. Dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, pemerintah mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersinergi dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan berkeadilan. Semoga dengan peringatan Hardiknas 2023 ini, kita dapat semakin termotivasi untuk belajar sepanjang hayat dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Baca  Hadapi Sidang MK, KPU Bakal Pertahankan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2024

[BID | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button