Zona Kampus

Beasiswa Kaltim Tuntas 2023 Dibuka, Berikut Link dan Syarat Pendaftarannya

Ilustrasi beasiswa. (net).

Editorialkaltim.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) kembali membuka beasiswa bagi putra/putri Kalimantan Timur (Kaltim). Beasiswa Kaltim Tuntas dan Stimulan 2023 dibuka pada Februari hingga Maret mendatang.

Gubernur Kaltim, Isran Noor memastikan anggaran untuk Beasiswa Kaltim Tuntas 2023 akan dialokasikan sebesar Rp300 miliar.

“Tahun ini ada Rp300 miliar disiapkan untuk putra/putri Kaltim” jelas Isran.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola  Beasiswa Kaltim Tuntas (BP BKT), Iman Hidayat menyebutkan, jumlah kuota penerima beasiswa tahun ini akan ditambah, sekitar 40.000 penerima.

“Tahun lalu sekitar 84.000 pendaftar, jadi estimasinya tahun ini 40.000 lebih” sebut Iman, Rabu (25/1/2023).

“Nantinya kuota peserta akan disesuaikan dengan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Jika pendaftar banyak, tetapi UKT tinggi maka penerima sedikit, dan jika pendaftar banyak, tetapi UKT kecil maka penerima akan banyak,” imbuhnya.

Sejauh ini, persiapan pembukaan Beasiswa Kaltim Tuntas sedang dalam tahap penyempurnaan terhadap kekurangan-kekurangan yang ada dalam petunjuk teknis (juknis).

Iman menyebutkan, banyak pendaftar yang gugur dari sisi administrasi dikarenakan syarat belum lengkap atau kurang tetapi sudah disimpan secara permanen.

Baca  Dewan Samarinda Dorong Pemkot Pasang Target PAD Tinggi

Dia berharap, calon pendaftar Beasiswa Kaltim Tuntas untuk membaca juknis dengan lengkap dan teliti. Dia juga menambahkan, berkaitan dengan hasil studi, transkrip yang digunakan adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan Indeks Prestasi Sementara (IPS). 

“Itu banyak sekali yang memasukkan uang gedung, asuransi ke dalam UKT, nah itu tidak boleh dimasukkan. Kemudian, yang daftar semester enam yang dilampirkan semester limanya saja, padahal yang diminta IPK, kecuali mahasiswa semester dua karena dia baru sekali ujian. Nah itu banyak sekali yang salah” tutupnya.

Jadwal dan Cara Daftar Beasiswa Kaltim Tuntas dan Stimulan 2023

Untuk pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas 2023 sendiri nantinya bakal dimulai pada Februari 2023 mendatang.

Para pelamar bisa mengakses laman resminya di https://beasiswa.kaltimprov.go.id/

Inilah syarat mendaftar Beasiswa Kaltim Tuntas 2023 berdasarkan acuan pendaftaran beasiswa tahun lalu.

1. Mahasiswa berasal dari Kaltim yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang difoto/scan berwarna

2. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/POLRI harus mendapatkan izin belajar dari pejabat berwenang

Baca  Raih Medali Perunggu di Kejuaraan Asia 2023 Usai Dikalahkan Pasangan China, Dejan/Gloria Puas

3. Mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (kecuali beasiswa prestasi akademik IPK minimal 3,25) dibuktikan dengan transkrip nilai yang difoto/scan berwarna yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan

a. Bagi mahasiswa baru S2 atau S3, mengunggah (upload) IPK terakhir minimal 3,00 yang diperoleh pada jenjang sebelumnya

b. Bagi Mahasiswa D1 s.d. D4 dan S1 semester 2 dan seterusnya, mengunggah (upload) transkrip nilai akademik yang diperoleh sebelumnya dengan IPK minimal 3,00.

c. Bagi Mahasiswa S2 dan S3 semester 2 s.d. semester 4, mengunggah (upload) transkrip nilai akademik yang diperoleh sebelumnya dengan IPK minimal 3,00

4. Terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi minimal berakreditasi B dan program studi minimal berakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek

5. Mengisi formulir beasiswa melalui laman beasiswa.kaltimprov.go.id

6. Terdaftar sebagai mahasiswa yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa yang difoto/scan berwarna

7. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Aktif Kuliah dari Perguruan Tinggi.

8. Mengunggah (upload) surat pernyataan :

Baca  Rugikan Negara Rp27,6 Miliar, KPK Tetapkan 10 Tersangka Korupsi Tunjangan Kinerja di Kementerian ESDM

a. tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Bagi mahasiswa yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/POLRI, pernyataan tidak sedang menerima biaya pendidikan dari instansi yang bersangkutan dan/atau instansi lainnya yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang

b. bersedia mengikuti pendidikan sampai selesai;

c. bahwa data yang diinput dalam sistem adalah benar dan bersedia mempertanggungjawabkan secara hukum.

Format surat pernyataan nomor 8 a,b,dan c agar diunduh di laman beasiswa.kaltimprov.go.id dan surat pernyataan ditanda tangani di atas kertas bermaterai Rp10.000,00.

9. Mengunggah (upload) bukti pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sejumlah 1 semester terakhir. SPP yang dimaksud berupa;

a. biaya SKS dan

b. biaya registrasi ulang/herregistrasi. Tidak termasuk uang gedung, premi asuransi, uang buku, uang praktikum, dan sejenisnya

10. Pas foto berwarna berukuran 4×6

11. Mengunggah (upload) seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button