KukarRagam

Banyak Sajikan Keindahan Alam, Bukit Batu Dinding Jadi Wisata Andalan di Kukar

Bukit Batu Dinding (Sumber: instagram Bukit Batu Dinding)

Editorialkaltim – Wisata Bukit Batu Dinding yang terletak di Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu destinasi andalan bagi kelurahan tersebut. Diketahui, wisata tersebut menyajikan keindahan alam bagi pengunjung yang ingin menjauhkan diri dari kebisingan kota. 

Hingga saat ini, Pokdarwis Desa Bukit Merdeka terus mempercantik wisata Bukit Batu Dinding demi memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam. 

Sekretaris Pokdarwis, Kelurahan Bukit Merdeka, Didi Suwandi mengatakan, Bukit Batu Dinding selalu menawarkan keindahan alamnya sehingga membuat wisatawan ingin melakukan petualangan. Karena posisi Bukit Batu Dinding ini harus memasuki ke dalam hutan. 

Baca  PAN Klaim Rebut Satu Kursi DPR RI

Disamping itu, pihaknya juga bisa pengembangan sektor perkebunan dimana disitu ada tanaman buah naga dan nanas. Jika sedang terjadi panen raya maka pengunjung itu diperbolehkan untuk memetik sendiri dan menyantap buah tersebut. 

“Kalau panen raya, yang datang kesana itu bisa mampir ke kebun dan makan buahnya langsung. Jadi potensi sebenarnya banyak, ” ujar Suandi, Rabu (18/5/2023). 

Baca  Dinas Perindagkop Kaltim Bekali Pengurus Koperasi Lewat Pelatihan

Lebih lanjut,  untuk jumlah pengunjung setiap bulannya. Suandi mengatakan, wisatawan setiap bulannya itu bisa mencapai 50-100 pengunjung datang untuk sekedar menikmati keindahan alam sambil camping. 

“Kebanyakan camping, terutama dari Komunitas, ” sebutnya. 

Walaupun saat ini pihaknya belum menyediakan penyewaan tenda dan lain-lain. Namun Pokdarwis saat ini telah mengajukan permohonan kepada Dinas Pariwisata (Dispar) untuk menunjang kebutuhan wisatawan seperti tenda kemah dan penerangan. Selain itu, untuk biaya masuk ke lokasi Bukit Batu Dinding dikenakan tarif masuk sebesar 15 ribu. 

Baca  Pj Bupati PPU Tinjau Pembangunan Bandara VVIP IKN di Kelurahan Gersik

“Tarif biaya masuk dari 10 sampai 15 ribu, parkir nya itu 5 ribu. Disitu juga ada stand UMKM tapi mereka berjualan disaat weekend saja, ” pungkasnya.

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button