Kaltim

Resmikan Gedung Baru UMKT, Ketua PP Muhammadiyah: Islam Harus Bisa Jawab Tantagan Zaman

Ketua Umum Pimpinan Muhammadiyah Haedar Nashir. (qon/editorialkaltim.com).

Editorialkaltim.com – Ketua Umum Pimpinan Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan gedung Jendral Sudirman Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), acara peresmian tersebut digelar di kampus UMKT, Jalan Juanda, Rabu (18/05/2023).

Turut hadir dalam acara peresmian bangunan 7 lantai tersebut tersebut Wakil Ketua komisi X DPR-RI, Hetifah, Ketua Muhammadiyah Kaltim, KH Siswanto Sunandar, ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kaltim, Nurhayati, serta beserta seluruh civitas akademika di lingkungan UMKT serta ratusan pengurus Muhammadiyah termasuk Aisyiyah, Kepala TK ABA, para guru dan karyawan Amal Usaha Muhammadiyah se-Samarinda. Sejumlah Rektor perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Indonesia termasuk di Malaysia turut hadir dalam peresmian gedung Jendral Sudirman.

Baca  Syarifah Rahimah Pimpin Tim TKMKB, Kawal Pelaksanaan Program JKN

Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengapresiasi perkembangan pesat kampus UMKT, ditangan Bambang Setiaji yang juga mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“UMKT ini telah menjadi kampus terbaik untuk swasta. Bisa menjadi besar seperti sekarang ini itu kan hasil dari proses perjuangan kita semua warga persyarikatan di Kaltim, Prof Bambang dan kawan-kawan BPH, juga UMS yang ikut berperan untuk memacu UMKT yang sekarang ini,” jelas Haedar.

Hal itu menurutnya bukan isapan jempol semata, karena saat ini UMKT tercatat menjadi universitas swasta terbaik di seluruh kawasan Kalimantan.

Baca  Kolaborasi Bangun Negeri: Besok Pemuda Muhammadiyah Kaltim Gelar Pengukuhan dan Seminar Nasional 

Dirinya berharap UMKT bersama dengan 171 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah,dapat menjadi titik kemajuan persyarikatan, umat dan bangsa. Dalam pandangan Muhammadiyah, PTMA bukan hanya sebagai pintu ilmu tapi juga pintu peradaban.

“Menghadirkan Islam yang bisa menjawab tantangan zaman. Kita tahu setelah Islam jaya dan kita saat ini pada posisi mundur. Dahulu Islam, sebagai agama yang menyebarkan nilai-nilai dan peradaban di dunia ini selama 8 abad,” ungkapnya.

Pimpinan Muhammadiyah ini berpesan untuk tetap menguatkan syariat di tengah era perkembangan yang cepat dan tidak terlena oleh perkembangan di barat yang saat ini juga sedang mengalami krisis.

Baca  Diskominfo Kaltim Gelar Rapat Pra-Desk Pembahasan Indikator Pemantauan dan Evaluasi SPBE 2024

‘’Barat yang saat ini memimpin peradaban, hanya mengambil etos kemajuan Islam tapi melupakan spiritualitasnya,’’ paparnya.

Setelah meresmikan gedung baru, Haedar menutup kegiatan di UMKT dengan bersilaturahmi bersama keluarga besar persyarikatan Muhammadiyah di Samarinda.

[QON | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button