Kukar

Bantu Penguatan Ekonomi, Pemkab Kukar Akan Beri Pelatihan bagi Janda Muda

Kepala Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Kepramukaan Dispora Kukar, Dery Wardhana. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan melibatkan janda muda untuk mengikuti pelatihan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM). Rencana Dispora Kukar memberi janda pelatihan dan pembinaan ini bertujuan untuk menekan angka kemiskinan daerah.

Kepala Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Kepramukaan Dispora Kukar, Dery Wardhana menjelaskan pelatihan ini berdasarkan arahan Bupati, Edi Damansyah. Dimana Bupati meminta agar janda terlibat untuk membantu pemerintah menekan angka kemiskinan. Hal ini diwujudkan melalui pelatihan peningkatan keterampilan kerja.

Baca  Langkah Maju Pendidikan di Kukar Melalui Program Guru Penggerak

“Ini untuk membantu penguatan ekonomi mereka yang belum beruntung dalam membangun rumah tangga,” terang Dery.

Dery menyebut pelatihan ini akan ditujukan untuk janda muda dari jenjang umur 16 hingga 30 tahun. Saat ini sendiri Dispora Kukar sedang melakukan pendataan untuk identifikasi jumlah janda di kecamatan. Realisasinya akan berlangsung dalam waktu dekat untuk kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang dan Loa Kulu. Pelatihan yang diberikan akan berupa pelajaran menjahit, tata boga, makeup dan lainnya yang berpotensi membantu perekonomian.

Baca  Festival Milenial Hijrah di Taman Kota Raja Akan Ramaikan Ramadan Tahun Ini

“Jika sudah ada datanya akan kami laksanakan langsung. Kami harapkan program ini dapat membantu kembali meningkatkan rasa percaya diri mereka yang kurang beruntung dalam rumah tangga. Serta keterampilan yang diberikan diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup mereka,” harap Dery.

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button